Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) pada pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas V-B MI Nurul Huda Cigentur

Saadah, Ana Naili (2020) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS) pada pembelajaran tematik : Penelitian tindakan kelas di kelas V-B MI Nurul Huda Cigentur. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang diterapkan masih kurang inovatif, sehingga beberapa siswa menjadi pasif dan kurang terdorong untuk aktif dalam proses kegiatan pembelajaran, yang pada akhirnya beberapa siswa kurang menerima pengetahuan yang diberikan dengan baik dan berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif. Berdasarkan fakta tersebut maka perlu inovasi dalam hal penerapan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi, agar suasana kelas lebih hidup dan siswa merasa senang dalam mengikuti proses pembelajarannya. Dengan demikian strategi pembelajaran diaggap memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran, dalam penelitian ini strategi yang digunakan yaitu strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing (AKS). Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1) hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B MI Nurul Huda Cigentur sebelum diterapkan strategi pembelajaran AKS, 2) proses penerapan strategi pembelajaran AKS pada pembelajaran tematik di kelas V-B MI Nurul Huda Cigentur pada setiap siklus, 3) hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran tematik di kelas V-B MI Nurul Huda Cigentur setelah diterapkan strategi pembelajaran AKS pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V-B MI Nurul Huda Cigentur sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan ketika sebelum diterapkan strategi pembelajaran AKS diperoleh nilai rata-rata sebesar 44,13 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mecapai 20%. Proses penerapan sttrategi pembelajaran AKS dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru dari siklus I hingga siklus II. Persentase aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I sebesar 85% dan pada siklus II sebesar 95% dan aktivitas belajar siswa juga mengalami peninkatan dari siklus I hingga siklus II. Persentase aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 78,7% dan pada siklus II sebesar 90,3%. Setelah diterapkan strategi pembelajaran AKS, hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran tematik mengalami peningkatan. Perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,67 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal siswa sebesar 56,7%, pada siklus II rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 81,20, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 86,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; hasil belajar kognitif; siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ana naili
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:43
Last Modified: 25 Feb 2021 14:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35307

Actions (login required)

View Item View Item