Hubungan antara keterampilan bermain tabung angka dengan kemampuan berhitung anak di usia dini: Penelitian di Kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang

Lathifah, Siti Nur (2020) Hubungan antara keterampilan bermain tabung angka dengan kemampuan berhitung anak di usia dini: Penelitian di Kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang muncul di kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang yang menarik untuk dikaji, yaitu keterampilan yang sering dilaksanakan di RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang diantaranya, bermain tabung angka, permainan ular tangga, congkak dan lainnya. Salah satu jenis permainan, yaitu keterampilan bermain tabung angka walaupun dilaksanakan secara rutin, namun di sisi lain kemampuan berhitung anak usia dini masih rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari sebagian besar anak yang kurang perhatian terhadap pembelajaran berlangsung dan sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran berhitung tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Keterampilan bermain tabung angka di Kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang; 2) Kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang; dan 3) Hubungan antara keterampilan bermain tabung angka dengan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa antara keterampilan bermain tabung angka dengan dengan kemampuan berhitung anak usia dini memiliki keterkaitan yang sangat erat. Sehingga dapat diduga bahwa semakin tinggi keterampilan individu bermain tabung angka, maka semakin tinggi pula kemampuan berhitungnya. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah keterampilan bermain tabung angka semakin rendah pula kemampuan berhitungnya. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang yang berjumlah 16 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan dengan teknik observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Keabsahan data dianalisis secara deskriptif dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan keterampilan bermain tabung angka anak usia dini berada pada kategori cukup dengan nilai 67 yang berada pada interval 60-69 dan dalam kemampuan berhitung berada pada kategori cukup dengan nilai 65 yang juga berada pada interval 60-69. Sedangkan antara keterampilan bermain tabung angka dengan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Riyadlul Muttaqien Kabupaten Sumedang, memiliki hubungan yang kuat/tinggi pada harga korelasi 0,75 yang berada pada interval 0,600 – 0,799. Kontribusi yang diberikan keterampilan bermain tabung angka terhadap kemampuan berhitung anak usia dini yaitu sebesar 34% dan sisanya 66 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dalam penelitian ini adalah keterampilan bermain tabung angka memiliki hubungan yang kuat dengan kemampuan berhitung anak usia dini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bermain Tabung Angka; Kemampuan Berhitung; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Nur Lathifah
Date Deposited: 26 Nov 2020 09:04
Last Modified: 26 Nov 2020 09:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35268

Actions (login required)

View Item View Item