Bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi religius dalam pengambilan keputusan karir: Penelitian di SMA Pondok Modern Al Aqsha Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

isnaeni, isnaeni (2020) Bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi religius dalam pengambilan keputusan karir: Penelitian di SMA Pondok Modern Al Aqsha Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Menentukan keputusan karir antara bekerja atau melanjutkan pendidikan merupakan hal yang penting bagi siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), terutama siswa kelas XII. Dalam mengambil keputusan siswa membutuhkan arahan dan bimbingan dari orang yang professional. Kesulitan-kesulitan dalam mengambil keputusan karir akan dapat dihindari jika siswa memiliki sejumlah informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan dunia karirnya. Dalam hal ini, siswa dituntut untuk memahami kondisi sosial-pribadinya, sehingga pada waktunya siswa dapat menentukan keputusan karirnya. Pada dasarnya, setiap manusia dalam melakukan hal apapun itu dikarenakan adanya dorongan dalam diri. Begitu pula dalam pengambilan keputusan karir terdapat dorongan atau motivasi yang ada dalam diri siswa baik itu yang berasal dari dalam diri maupun dari luar. Selain itu, sebagai umat muslim sebaiknya apapun yang akan dilakukan itu harus berlandaskan pada ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan karir, proses bimbingan karir serta tingkat motivasi religius siswa dalam pengambilan keputusan karir di SMA Pondok Modern Al Aqsha Jatinangor. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini mengacu pada teori yang dianggap relevan, teori yang digunakan adalah teori menurut pendapat Anshar. Motivasi religius yaitu mendorong seseorang kepada suatu tujuan tertentu yang bukan hanya sekedar tindakan-tindakan ritual seperti shalat dan membaca do’a, tapi keselurahan tingkah laku manusia yang terpuji yang dilakukan demi memperoleh Ridha Allah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengambilan data melalui observasi dan wawancara dengan guru BK serta wawancara tertulis pada siswa kelas XII SMA Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pelaksanaan bimbingan karir yang dilaksanakan di SMA Pondok Modern Al Aqsha merupakan suatu kegiatan bantuan yang membuat siswa lebih optimis dalam pengambilan keputusan karir yang akan dipilih serta menanamkan nilai-nilai ajaran agama Islam dalam kesehariannya, sehingga siswa dalam melakukan hal apapun hanya untuk mencari ridha Allah SWT. Melalui metode yang telah disesuaikan dengan kebutuhan siswanya baik yang dilaksanakan secara individu maupun kelompok memudahkan siswa memahami dunia karir, dapat menyelesaikan permasalahan baik intrinsik ataupun ekstrinsik, dan dapat mengambil keputusan karir yang tepat dengan berlandaskan sesuai ajaran agama Islam. Dengan demikian, terlihat adanya capaian dari pelaksanaan bimbingan karir yang telah dilaksanakan yaitu berupa adanya peningkatan motivasi religius dalam pengambilan keputusan karir yang cukup signifikan pada siswa-siswanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan karir; motivasi religius; pengambilan keputusan karir
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Isnaeni Isnaeni
Date Deposited: 26 Nov 2020 05:53
Last Modified: 26 Nov 2020 05:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35267

Actions (login required)

View Item View Item