Metode Listen and Do untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris

Fauziyyah, Ulfah (2019) Metode Listen and Do untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada siswa kelas III di MI Naelushibyan Kabupaten Bandung, yakni rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang membuat siswa kurang antusias dan mudah bosan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang monoton dan guru belum bervariatif dalam menerapkan metode pembelajaran yang membuat pembelajaran belum terpusat pada siswa. Sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode listen and do pada pembelajaran listening, hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode listen and do pada pembelajaran listening, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode listen and do pada pembelajaran listening. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunaan metode listen and do. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa metode listen and do diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan terdiri dari empat tahap disetiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Naelushibyan Kabupaten Bandung yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode listen and do masih kurang sekali dengan rata-rata 41,36 dengan ketuntasan klasikalnya hanya 0%. Penerapan metode listen and do berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 80% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 79% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil belajar siswa setelah menggunakan metode listen and do juga mengalami peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 0% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 77,27% dengan kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa inggris

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Listen and Do, Listening
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfah Fauziyyah
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:24
Last Modified: 27 Nov 2020 03:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35253

Actions (login required)

View Item View Item