Hubungan antara penggunaan Gadget dengan perkembangan kognitif anak usia dini : Penelitian pada kelompok B di RA Ummul Quro Kabupaten Bandung

Mutmainah, Qolbiatum (2022) Hubungan antara penggunaan Gadget dengan perkembangan kognitif anak usia dini : Penelitian pada kelompok B di RA Ummul Quro Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari studi pendahuluan yang menunjukkan kesenjangan antara tingginya penggunaan gadget pada kelompok B di RA Ummul Quro Kabupaten Bandung dengan rendahnya perkembangan kognitif anak dalam berpikir logis dan berpikir simbolik, seperti anak belum bisa mengenal perbedaan ukuran benda dan mengklasifikasikannya serta berhitung menggunakan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) realitas penggunaan gadget; 2) realitas perkembangan kognitif anak usia dini; 3) hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif anak usia dini pada kelompok B di RA Ummul Quro Kabupaten Bandung. Perkembangan kognitif anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan gadget. Berdasarkan asumsi tersebut dapat dirumuskan hipotesisnya, semakin tinggi penggunaan gadget semakin tinggi pula perkembangan kognitif anak usia dini, dan demikian pula sebaliknya. Sedangkan untuk perkembangan kognitif difokuskan pada indikator perkembangan kognitif berpikir logis dan perkembangan kognitif dalam berpikir simbolik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian adalah anak pada kelompok B di RA Ummul Quro Kabupaten Bandung yang berjumlah 14 orang pada Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh anak pada kelompok B di RA Ummul Quro Kabupaten Bandung dengan jumlah 14 anak ditetapkan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara/bercakap-cakap, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada penggunaan gadget anak diperoleh nilai rata-rata 60. Angka tersebut berada pada interval 60-69 dengan kategori cukup. Perkembangan kognitif anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 77. Angka tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif anak usia dini diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,049. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori sangat rendah karena berada pada interval 0,00 – 0,20. Hasil uji signifikansi diperoleh thitung = 0,1693 lebih kecil dari harga ttabel = 2,179 artinya Ho (Hipotesis nol) diterima. Dengan kata lain tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan kognitif anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi penggunaan gadget terhadap perkembangan kognitif anak usia dini sebesar 0,24%. Hal ini menunjukkan bahwa 99,76% perkembangan kognitif anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget; Perkembangan Kognitif; Anak Usia Dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Qolbiatum Mutmainah
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:40
Last Modified: 18 Apr 2022 02:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35211

Actions (login required)

View Item View Item