Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik: Penelitian terhadap peserta didik Kelas X MAN Kota Cimahi

Putri, Kamelia Taryana (2020) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik: Penelitian terhadap peserta didik Kelas X MAN Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya karakter religius peserta didik di MAN Kota Cimahi karena adanya perbedaan latar belakang keagamaan atau input peserta didik yang tidak mendapatkan proses pembinaan keagamaan di sekolah asal mereka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, MAN Kota Cimahi mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam rangka membentuk karakter religius peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius, faktor pendukung maupun faktor penghambat serta hasil dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN Kota Cimahi. Penelitian ini didasari pada suatu pemikiran bahwa karakter religius peserta didik dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Hal ini dikarenakan pembentukan karakter religius menjadi salah satu tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Ekstrakurikuler keagamaan adalah kegiatan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk membentuk pribadi peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai agama, sedangkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama atau patuh dalam melaksanakan ajaran yang dianutnya disebut dengan karakter religius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi/studi dokumen. Tahapan penelitian yang dilaksanakan peneliti dimulai dari studi pendahuluan, proses penelitian, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh : 1) Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius terdiri dari tahap merancang tujuan dan nilai religius yang akan ditanamkan, penyerahan tanggungjawab kepada pembina, merancang lebih detail pelaksanaan kegiatan tersebut oleh pembina, merancang evaluasi, 2) Pelaksanaan kegiatan tersebut menggunakan beberapa metode dan membagi strategi penanaman nilai religius ke dalam kegiatan harian, mingguan dan tahunan, 3) Faktor pendukung kegiatan tersebut adalah motivasi peserta didik, regulasi pemerintah, keterlibatan berbagai pihak, serta sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya adalah beberapa pihak yang masih belum mendukung dan input peserta didik, 4) Hasil yang diperoleh dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN Kota Cimahi sudah dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Keagamaan; Karakter Religius
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kamelia Taryana Putri
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:07
Last Modified: 24 Nov 2020 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35182

Actions (login required)

View Item View Item