Konflik sosial masyarakat akibat adanya program bedah rumah BSPS dan RUTILAHU: Studi di desa Pagerbumi Kecamatan Cigugur Kab Pangandaran

Hidayat, Icep Rijalul (2020) Konflik sosial masyarakat akibat adanya program bedah rumah BSPS dan RUTILAHU: Studi di desa Pagerbumi Kecamatan Cigugur Kab Pangandaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Konflik merupakan fenomena dari dinamika kehidupan umat manusia sejak dahulu hingga sekarang yang tidak bisa kita hindari. Konflik yang terjadi di Desa Pagerbumi akibat adanya bantuan dari pemerintah berupa bedah rumah. Sudah sangat tidak asing lagi bila ada bantuan pasti banyak warga yang mengaku miskin sehingga saat mereka tidak menerima maka timbullah kecemburuan sosial yang mengakibatkan terjadinya konflik. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana latar belakang terjadinya konflik di Desa Pagerbumi, dampak setelah berjalannya program bedah rumah BSPS dan RUTILAHU, dan langkah-langkah penyelesaian yang dilakukann untuk meredakan konflik di Desa Pagerbumi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui hasil observasi dan wawancara dengan masyarakat Desa Pagerbumi. Data sekunder adalah data yang didapatkan melalui studi kepustakaan dengan bantuan buku bacaan, jurnal ilmiah yang berkaitan dengan konflik. Teori yang digunakan ialah teori konflik dati Lewis A. Coser (Poloma: 2010) yaitu konflik merupakan peristiwa normal yang memperkuat struktur hubungan-hubungan sosial. Katup penyelamat adalah jalan keluar dari konflik untuk meredakan permusuhan antara dua pihak yang bertikai dan dapat mengakhiri konflik. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga model konflik sosial yang terjadi akibat adanya bantuan bedah rumah yaitu konflik anatara pemerintah desa dengan penerima bantuan, konflik antara pemerintah desa dengan masyarakat, dan konflik penerima bantuan dengan masyarakat. Program bedah rumah ini berdampak ada dampak positif dan ada dampak negatif terutama di bidang ekonomi dan sosial masyarakat. Mediasi dan negosiasi menjadi jalan penyelesaian masalah yang di rasa tepat untuk mengakhiri konflik sosial akibat adanya program bedah rumah di Desa Pagerbumi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konflik Sosial; Bedah Rumah; Lewis A. Coser; Katup Penyelamat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Icep Rijalul Hidayat
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:59
Last Modified: 25 Nov 2020 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35125

Actions (login required)

View Item View Item