Penerapan Model Investigation Based Multiple Representation (IBMR) untuk meningkatkan keterampilan representasi peserta didik pada materi gerak lurus

Falahudin, Yogi (2020) Penerapan Model Investigation Based Multiple Representation (IBMR) untuk meningkatkan keterampilan representasi peserta didik pada materi gerak lurus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan representasi adalah suatu keterampilan peserta didik untuk menyampaikan hasil pembelajaran dengan mengubah dari simbol ke simbol yang lain diantaranya visual (diagram, grafik, tabel & gambar), matematis, dan verbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan representasi menggunakan model pembelajaran IBMR pada materi gerak lurus. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA MAS As-Sa’adah Sukasari dengan jumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa Lembar Kerja Peserta didik (LKPD), Lembar Student Activity Sheets (SAS), dan tes keterampilan representasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan LKPD berbasis SAS peserta didik dengan persentase capaian keterlaksanaan model pembelajaran, N-Gain, dan uji t independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan model IBMR sebesar 70% dengan interpretasi efektif. Kemudian, peningkatan keterampilan representasi peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran IBMR pada materi gerak lurus termasuk kategori tinggi dengan nilai N-Gain sebesar 0.75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran IBMR; keterampilan representasi; gerak lurus;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yogi Falahudin
Date Deposited: 20 Nov 2020 06:09
Last Modified: 20 Nov 2020 06:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35116

Actions (login required)

View Item View Item