Penafsiran Fakruddin Al-Razi pada ayat-ayat tentang al-Nur dan Al-Zhulumat di dalam Al-Qur'an : Studi analisis kitab Mafatih Al-Ghaib

Nugraha, Faisyal Zamzam (2020) Penafsiran Fakruddin Al-Razi pada ayat-ayat tentang al-Nur dan Al-Zhulumat di dalam Al-Qur'an : Studi analisis kitab Mafatih Al-Ghaib. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy

Abstract

Kata al-Nur dan al-Zhulumat, menjadi sebuah kata saling melengkapi dan saling berpasangan, sehingga terkadang tidak terlihat memiliki kaitannya. Imam Fakhruddin al-Razi sebagai muffasir yang bisa dikatakan memiliki penafsiran yang terperinci dengan kemampuan di beberapa bidang ilmu pengetahuan, baik bahasa hingga filsafat. Beliau mampu menafsirkan maksud dibalik kata al-Nur dan al-Zhulumat baik dalam keadaan terpisah keduanya, maupun dalam satu ayat yang sama. Allah menjadikan kata al-Nur dan al-Zhulumat dengan berbagai makna tentu dengan adanya maksud tertentu selain agar manusia mentadaburi Alquran, atas dasar tersebut Fakhruddin al-Razi menjelaskan dengan pemahamannya, penelitian ini merumuskan masalah yang terkandung dari latar belakang masalah di atas sehingga menjelaskan mengenai bagaimana penafsiran Fakhrudin al-Razi terhadap ayat tentang al-Nur dan al-Zhulumat dalam kitab Mafatih al-Ghaib, serta penjelasan mengenai karakteristik beliau ketika menafsirkan kata tersebut. Maka untuk mengetahui bagaimana penafsiran beliau mengenai dua kata ini menjadi tujuan dari penelitian ini, serta mengenai karakteristik yang imam al-Razi gunakan dalam menafsirkan Alquran. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan metode analisisnya deskriftif-analitik, serta pengumpulan data dengan cara library research (studi kepustakaan), dengan sumber data primernya yaitu kitab tafsir Mafatih al-Ghaib dan dengan data sekunder yaitu dengan beberapa buku, jurnal serta artikel yang berkaitan. Adapun hasil penelitian ini, bahwa Fakhruddin al-Razi menjelaskan mengenai hal apa saja yang terkadung di balik makna al-Nur dan al-Zhulumat baik dari segi makna hakiki maupun majazi, selain itu beliau juga menjelaskan keterkaitan antara kata tersebut di dalam beberapa ayat. Beliau menafsirkan ayat tersebut dengan metode tafsir bi al-Ra’yi namun terkadang beliau menaambahkan juga dengan pendapat lain untuk menguatkan argument, adapun corak yang ia tafsirkan tentu meliputi Ilmi, Falsafi dan Adabi wal Ijtima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: al-Nur dan al-Zhulumat;Fakhruddin al-Razi;Tafsir Mafatih al-Ghaib
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: faisyal zamzam nugraha
Date Deposited: 25 Nov 2020 01:31
Last Modified: 25 Nov 2020 01:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35114

Actions (login required)

View Item View Item