Tugas dan fungsi guru dalam surah Al Muddassir ayat 1-7 : Analisis ilmu pendidikan Islam

Mushopa, Ahmad (2020) Tugas dan fungsi guru dalam surah Al Muddassir ayat 1-7 : Analisis ilmu pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas Tugas dan Fungsi Guru dalam Qur’an Surah al-Muddaṡṡir ayat 1-7. Kajiannya dilatarbelakangi oleh masalah-masalah pendidikan yang terjadi, khususnya di Indonesia, yang salah satunya tertuju pada guru. Guru merupakan subyek yang paling penting dalam keberlangsungan pendidikan. Guru dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mencetak generasi muda. Paradigma dalam masalah pendidikan sebagaimana dijumpai dalam al-Qur’an belum sepenuhnya dipahami dan dipraktekkan oleh seorang guru. Hal ini memperlihatkan masih adanya kesenjangan antara pengamalan dengan ajaran yang ada dalam al-Qur’an. Sehingga dengan adanya daya kritis masyarakat, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang makin berkembang, tugas guru tersebut harus dipertimbangkan dengan menafsirkan ayat al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya tugas guru dalam surah al-Muddaṡṡir ayat 1-7. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan. Dalam hal ini ada dua sumber, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Guna mencari jawaban dari permasalahna yang ada di atas, maka digunakan metode analitis (tafsir al-taḥlili). Metode tafsir al-taḥlili adalah metode menafsirkan ayat-ayat al-Qur’an dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan, serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut. Kajian ini menujukkan bahwa di dalam surah al-Muddaṡṡirayat 1-7 terdapat beberapa tugas guru, meliputi: (1) guru diperintahkan untuk bersikap lemah lembut dan memiliki sikap kasih sayang, serta menghilangkan rasa takut saat mengajar, (2) guru diperintahkan untuk mendidik peserta didik agar menjadi insan kamil, (3) guru diperintahkan untuk berkepribadian rabbani, (4) guru diperintahkan untuk membersihkan diri, baik secara lahir maupun batin, (5) guru diperintahkan untuk menjauhkan diri dari dosa, (6) guru diperintahkan untuk memiliki sifat zuhud dengan tidak meminta imbalan atas tugas mengajarnya (tidak mengutamakan materi) dan mengajar untuk mencari ridha Allah, dan (7) guru diperintahkan untuk bersabar dalam mengajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan seorang guru dapat mengamalkan hal – hal yang terdapat dalam surah al-Muddassir ayat 1-7. Kemudian diharapkan kajian ini dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi seorang guru, para mahasiswa, terutama calon guru yang akan menjadi guru sehingga senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas sebagai seorang guru yang berakhlak mulia, yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Kata kunci: Qur’an Surah Al-Muddaṡṡirayat 1-7, Tugas dan Fungsi Guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Qur’an Surah Al-Muddaṡṡirayat 1-7; Tugas dan Fungsi Guru;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ahmad mushopa
Date Deposited: 20 Nov 2020 01:46
Last Modified: 20 Nov 2020 01:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35113

Actions (login required)

View Item View Item