Penafsiran ayat-ayat tentang muhasabah diri dalam tafsir Al-Munir karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili

Herdianti, Nurul Fauziah (2020) Penafsiran ayat-ayat tentang muhasabah diri dalam tafsir Al-Munir karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman modern ini, muhasabah sangat penting untuk dilakuakan oleh setiap orang. Dengan bermuhasabah kita dapat mengetahui kekhilafan serta kesalahan yang telah diperbuat supaya kita tidak mengulang kembali kepada kesesatan. Namun pada kenyataannya banyak orang yang tidak melakukan muhasabah diri sehingga melenceng dari aturan agama. Orang-orang yang pintar berbicara namun belum mumpuni dalam ilmu agama terjun ke masyarakat sebagai ustadz. Masalah hidup yang membuat sebagian orang tersesat mengkonsumsi barang haram hingga memilih tuk mengakhiri hidup, ini disebabkan oleh keimanan yang lemah dan tak melakukan muhasabah diri. Dengan demikian, penulis tertarik untuk meneliti muhasabah diri dengan menggunakan Tafsir Al-Munir karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian muhasabah diri menurut Syekh Wahbah Az-Zuhaili, penafsiran ayat-ayat yang berkaitan dengan muhasabah diri dalam tafsir Al-Munir, serta untuk mengetahui keistimewaan dan kekurangan penafsiran muhasabah diri dalam tafsir Al Munir. Skripsi ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif interpretatif. Adapun sumber yang digunakan yaitu kitab tafsir Al-Munir Karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili sebagai sumber utamanya, kemudian literatur lain yang berkaitan dengan muhasabah diri sebagai sumber sekundernya. Setelah melakukan penelitian, dapat diketahui: muhasabah diri yaitu melakukan perhitungan terhadap amal kebaikan serta amal keburukan, selain itu muhasabah diri dapat menyadarkan manusia agar takut kepada Allah serta agar manusia mempersiapkan bekal untuk akhirat dengan memperbaiki diri dan tidak mengikuti hawa nafsu, seperti dijelaskan dalam tafsir Al-Munir penafsiran surah An-Nazi’at ayat 40-41. Kemudian dengan muhasabah diri kita dapat mengetahui bahwa kita hidup di dunia bukan untuk main-main, melainkan untuk memperhamba diri kepada Allah Swt. Dipaparkan dalam tafsir Al-Munir penafsiran surah Al-Mu’minun ayat 115. Dan juga muhasabah diri sebagai perintah taqwa sekaligus perintah untuk bermuhasabah diri supaya mengkoreksi setiap perbuatan sebelum adanya hisab. Diuraikan dalam tafsir Al-Munir penafsiran surah Al-Hasyr ayat 18. Kelebihan penafsiran Syekh Wahbah tentang muhasabah diri yaitu muhasabah dijelaskan secara terperinci dengan melihat riwayat serta hikmah yang dicantumkan setelah penafsiran. Kekurangannya yaitu sebagian besar ayat tidak secara langsung membahas muhasabah diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ayat-Ayat; Muhasabah Diri; Al-Munir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nurul Fauziah Herdianti
Date Deposited: 19 Nov 2020 06:57
Last Modified: 19 Nov 2020 06:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35095

Actions (login required)

View Item View Item