Hubungan antara aktivitas bermain puzzle dengan kemampuan berpikir logis anak usia dini: Penelitian di Kelompok B RA Hidayatul Mujtahidin Tanjungsari Sumedang

Freitas, Siti Sarah (2019) Hubungan antara aktivitas bermain puzzle dengan kemampuan berpikir logis anak usia dini: Penelitian di Kelompok B RA Hidayatul Mujtahidin Tanjungsari Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Berdasarkan studi pendahuluan di Kelompok B RA Hidayatul Mujtahidin Tanjungsari Sumedang, diperoleh fenomena bahwa sebagian anak sudah terampil bermain puzzle. Hal ini dilihat dari kemampuan anak dalam mengisi pola puzzle yang telah disiapkan, dimana anak sudah mampu memasangkan potogan-potongan puzzle berdasarkan warna dan ukuran. Namun, disisi lain dalam kemampuan berpikir logis, anak masih sulit mengklasifikasikan benda dengan kelompok sejenis dan maish sulit membedakan bentuk serta memilih potongan yang cocok. Tujuan penelitian ini diarahkan untuk mengetahui: (1) realitas aktivitas bermain puzzle; (2) realitas kemampuan berpikir logis anak usia dini; dan (3) hubungan antara aktivitas bermain puzzle dengan kemampuan berpikir logis anak usia dini di Kelompok B RA Hidayatul Mujtahidin Tanjungsari Sumedang. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa aktivitas bermain puzzle memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir logis. Ketika bermain puzzle anak dituntut untuk menggunakan kemampuan berpikir logisnya agar mampu mengklasifikasikan benda (potongan-potongan puzzle) berdasarkan warna, bentuk dan ukuran. Sedangkan kemampuan berpikir logis dalam penelitian ini difokuskan pada kemampuan anak dalam membedakan ukuran “lebih dari, kurang dari paling/ter”, mengenal sebab akibat di lingkungannya, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk maupun ukuran, mengklasifikasikan benda dengan kelompok sejenis serta kemampuan dalam mengurutkan benda dari ukuran terkecil hingga ukuran terbesar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan format korelasi. Sampel dalam penelitian ini ialah 16 siswa kelompok B RA Hidayatul Mujtahidin Tanjungsari Sumedang Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa realitas aktivitas bermain puzzle, diperoleh nilai rata-rata sebesar 89,63 dan berada pada rentang 81,25-100 dengan interpretasi Berkembang Sangat Baik.Adapun realitas kemampuan berpikir logis anak usia dini, diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,75 dan berada pada rentang 81,25-100 dengan interpretasi Berkembang Sangat Baik. Adapun hubungan antara aktivitas bermain puzzle dengan kemampuan berpikir logis, diperoleh angka korelasi sebesar 0,67 dan berada pada rentang 0,600-0.799 dengan interpretasi kuat. Sedangkan, hasil perhitungan uji signifikansi korelasi menggunakan t test diperoleh thitung 3,44 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db = 14 dengan angka 2.145 maka thitung =3.145> dan ttabel =2.145, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivtas bermain puzzle dengan kemampuan berpikir logis anak usia dini. Selain itu, aktivitas bermain puzzle memberikan kontribusi atau pengaruh terhadap kemampuan berpikir logis anak usia dini di Kelompok B RA Hidayatul Mujtahidin Tanjungsari Sumedang sebanyak 45% dan sisanya sebesar 55% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bermain Puzzle; Kemampuan Berpikir Logis; Anak Asia Dini
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Sarah Freitas
Date Deposited: 20 Nov 2020 07:43
Last Modified: 20 Nov 2020 07:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35089

Actions (login required)

View Item View Item