Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dimediasi dengan komitmen organisasi studi pada pegawai BPJS Ketenagakerjaan Lodaya Bandung

Wildan, MD (2020) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dimediasi dengan komitmen organisasi studi pada pegawai BPJS Ketenagakerjaan Lodaya Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy

Abstract

Suatu organisasi dikatakan efektif jika individu yang ada didalamnya mampu menunjang kerjasama yang baik dalam satu tim. Agar prilaku ini muncul seperti yang diharapkan, organisasi membutuhkan sosok pemimpin yang sadar akan pentingnya prilaku tersebut untuk mengarahkan dan mempengaruhi pegawainya dalam meningkatkan prilaku organizational citizenship behavior (OCB). Kepemimpinan transformasional dapat memberikan dampak kepada karyawannya menjadi lebih meluangkan waktu dan perhatiannya terhadap pekerjaannya dan menjadikan kepentingan perusahaan diatas kepentingan pribadinya. Kepemimpinan transformasional juga dapat menstimulus para pegawainya dalam melakukan sesuatu hal melebihi apa yang seharusnya ia lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar komitmen organisasi memediasi kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior. Dimana variabel independen yaitu kepemimpinan transformasional, variabel dependen yaitu organizational citizenship behavior (OCB) dan variabel mediasi adalah komitmen organisasi. Penelitian ini dilakukan di BPJS Ketenagakerjaan Lodaya Bandung. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode kuantitatif yakni menggunakan logika deduktif yang bertujuan untuk memperoleh data langsung yang dapat dihitung atau dikelola melalui statistik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yakni menjadikan populasi menjadi sampel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 pegawai. Pengujian hipoteris menggunakan uji regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional secara positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior terbukti dengan menghasilkan t hitung = 4,888 dan nilai signifikan 0,00. Kepemimpinan transformasional terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi terbukti dengan menghasilkan t hitung = 5,211 dan nilai signifikan 0,00. Komitmen organisasi terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior terbukti dengan menghasilkan t hitung = 13,696 dan nilai signifikan 0,00. Kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh tidak langsung terhadap organizational citizenship behavior melalui komitmen organisasi terbukti dengan menghasilkan nilai signifikan 0,566. Maka komitmen organisasi dinyatakan sebagai variabel mediasi sempurna (perfect mediation).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional;Organizational Citizenship Behavior (OCB);Komitmen Organisasi
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: MD Wildan MD Wildan
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:32
Last Modified: 19 Nov 2020 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35056

Actions (login required)

View Item View Item