Strategi Community Relations dalam membentuk citra positif Bank Indonesia: Studi deskriptif kualitatif pada program sosial Bank Indonesia di Kantor Perwakilan Jawa Barat

Wahidin, Salman (2020) Strategi Community Relations dalam membentuk citra positif Bank Indonesia: Studi deskriptif kualitatif pada program sosial Bank Indonesia di Kantor Perwakilan Jawa Barat. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai strategi community relations yang dilakukan oleh Humas Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Barat dalam membangun citra positif Bank Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kegiatan community relations yang akan berpengaruh kepada citra, reputasi, dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia di mata masyarakat terutama ruang lingkup Jawa Barat. Oleh karena itu lembaga perlu menjalin hubungan baik dengan komunitas sekitar sehingga terbentuk timbal balik (feedback) yang akan menjaga reputasi lembaga. Penelitian mengenai strategi community relations ini bertujuan untuk mengetahui tahapan tahapan yang dilakukan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat dalam upaya menjalin hubungan baik dengan komunitas, menyampaikan informasi, dan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat melalui Program Sosial Bank Indonesia. Penelitian ini berlandaskan pada konsep manajemen strategis yang dikemukakan oleh Wheelen dan Hunger, konsep ini dipilih karena mampu mengkonstruksikan secara menyeluruh proses pembentukan strategi dari mulai Scanning lingkungan, perencanaan, implementasi, dan Evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif sehingga dapat memaparkan situasi atau peristiwa dengan mengambarkan secara cermat mengenai individu atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi community relations yang dilakukan Humas Bank Indonesia meliputi empat tahapan. Pertama, scanning lingkungan meliputi proses analisis SWOT (strenght, weakness, opportunity, threat). Kedua, tahapan perencanaan yang meliputi proses penentuan tujuan dan tugas, observasi dan analisis, mengadakan kemungkinan kemungkinan, dan menyusun rencana. Ketiga, tahap Implementasi atau pelaksanaan meliputi proses pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian. Tahap terakhir yaitu Evaluasi dan Kontrol yang meliputi proses deskripsi, menentukan sasaran pengguna evaluasi, identifikasi isu atau permasalahan, pengumpulan data, dan proses penyusunan laporan evaluasi. Strategi community relations tersebut secara tidak langsung membentuk citra positif Bank Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: community relations;citra positif
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: salman wahidin
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:11
Last Modified: 04 Dec 2020 06:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34939

Actions (login required)

View Item View Item