Perjanjian endorsement di media sosial Instagram dihubungkan dengan Pasal 7 Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Kusela, Opi (2020) Perjanjian endorsement di media sosial Instagram dihubungkan dengan Pasal 7 Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang pesat membuat para pengguna media sosial tidak hanya sebagai wadah eksistensi berfoto atau membuat video akan tetapi menggunakannya untuk bisnis juga, dalam penelitian perjanjian endorsement yang dilakukan oleh selebgram dan online shop, ada pihak yang dirugikan karena apa yang diperjanjikan tidak diaksanakan oleh selebgram sebagai pelaku usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian endorsement di media sosial instagram, Untuk mengetahui perlindungan hukum bagi online shop pada perjanjian endorsement di media sosial instagram dan Untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha/jasa apabila terjadi wanprestasi. Kerangka pemikiran yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini adalah teori keadilan dan kepastian hukum, sedangkan dalam perundang-undangan menggunakan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitis dengan pendekatan Yuridis Empiris, pengumpulan data dengan menggunakan cara observasi dan wawancara, didukung dengan studi pustaka. Adapun penarikan kesimpulan dari hasil penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis induktif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perjanjian endorsementdilakukan dalam bentukk tertulis melalu direct massage media sosial instagram, perlindungan hukum bagi konsumen didasarkan pada undang-undang perlindungan konsumen, dan tanggung jawab pelaku usaha /selebgram harus mengganti rugi barang dan uang yang telah dikirim apabila apa yang diperjanjikan tidak dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perjanjian endorsement; perindungan hukum; tanggung jawab; perlindungan konsumen; selebgram; online shop.
Subjects: Private Law
Private Law > Contracts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: opi kusela
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:44
Last Modified: 12 Nov 2020 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34930

Actions (login required)

View Item View Item