Implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas lintas agama

Hermawan, Rike Adelia (2020) Implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas lintas agama. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya konflik karena perbedan, terutama karena perbedaan agama. Konflik tersebut seringkali muncul karena seseorang tidak mampu menghargai perbedaan. Komunitas Young Interfaith Peacemaker Community Indonesia menjalankan pendidikan perdamaian sebagai langkah preventif mencegah konflik dan kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tujuan, 2) Materi, 3) Metode, 4) Media, serta 5) Evaluasi yang digunakan dalam implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas lintas agama. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori pendidikan perdamaian dan toleransi. Pendidikan perdamaian adalah proses penanaman nilai-nilai, pengubahan sikap, dan pengembangan potensi manusia dengan menggunakan cara yang damai dan nirkekerasan untuk menciptakan manusia damai. Sedangkan toleransi adalah sikap terbuka dengan memberikan hak sepenuhnya kepada orang lain serta dapat menghargai segala bentuk perbedaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini bersifat induktif berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan kemudian dikonstruksikan menjadi hipotesis atau teori. Tahapan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dimulai dari studi pendahuluan, proses penelitian, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa : 1) Tujuan implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas Young Interfaith Peacemaker Community adalah untuk mengenalkan nilai-nilai perdamaian universal berlandaskan kitab suci untuk mencegah generasi muda melakukan kekerasan, 2) Materi yang diajarkan dalam implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas Young Interfaith Peacemaker Community adalah nilai-nilai perdamaian yang terdiri dari: berdamai dengan Allah, berdamai dengan diri sendiri, berdamai dengan sesama, berdamai dengan lingkungan, serta tema-tema insidental lainnya, 3) Metode yang digunakan dalam implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas Young Interfaith Peacemaker Community yaitu metode ceramah, diskusi kelompok, diskusi interakif, refleksi, sharing, tanya-jawab, role play, serta berbagai metode lain yang mengedepankan dialog bukan monolog. 4) Media yang digunakan dalam implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas Young Interfaith Peacemaker Community yaitu laptop, LCD, proyektor, speker, slide power point, dan alat tulis, lembar bahan materi sebagai media dasar, serta media pelengkap lainnya, serta 5) Evaluasi yang digunakan implementasi pendidikan perdamaian dalam penguatan toleransi pada komunitas Young Interfaith Peacemaker Community yaitu melalui pretest dan post test, serta pengamatan langsung terhadap member.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Perdamaian; Toleransi;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rike Adelia Hermawan
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:22
Last Modified: 12 Nov 2020 06:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34925

Actions (login required)

View Item View Item