Hubungan antara keterampilan bercerita dengan kemampuan komunikasi verbal anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA AlFaaruuq Cicalengka Kabupaten Bandung

Tresnawati, Siti Dewi (2020) Hubungan antara keterampilan bercerita dengan kemampuan komunikasi verbal anak usia dini : Penelitian di Kelompok B RA AlFaaruuq Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang muncul di kelompok B RA Al-Faaruuq Cicalengka Kabupaten Bandung yaitu terdapat beberapa permasalahan yang terkait dengan kemampuan komunikasi verbal anak usia dini. Permasalahan tersebut ialah terdapat beberapa anak yang masih belum mampu menyebutkan pelafalan kata yang jelas dalam berbicara serta masih belum bisa bersikap terbuka terhadap orang lain. Hal ini terlihat dari sikap anak yang cenderung pendiam dan kurang aktif dalam berbicara, pesan yang disampaikan tidak dapat dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) realitas keterampilan bercerita; 2) realitas kemampuan komunikasi verbal anak; 3) hubungan antara keterampilan bercerita dengan kemampuan komunikasi verbal anak di kelompok B RA Al-Faaruuq Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi yang menyatakan bahwa antara keterampilan bercerita dengan kemampuan komunikasi verbal anak usia dini terdapat keterkaitan yang sangat erat. Keterampilan bercerita yang baik dapat menunjukan kemungkinan kemampuan komunikasi verbal anak yang baik juga. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bercerita dengan kemampuan komunikasi verbal anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek dalam penelitian ini ialah anak kelompok B RA Al-Faaruuq Cicalengka Kabupaten Bandung yang berjumlah 15 orang. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa realitas keterampilan bercerita memperoleh nilai rata-rata sebesar 68. Nilai tersebut berkategori cukup karena berada pada interval 60-69. Sedangkan realitas kemampuan komunikasi verbal anak memperoleh nilai rata-rata sebesar 67. Nilai tersebut berkategori cukup karena ada pada interval 60-69. Adapun hubungan antara keterampilan bercerita dengan kemampuan komunikasi verbal anak diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,857 dengan kategori sangat tinggi karena berada pada interval 0,800 – 1,000. Untuk hasil uji signifikansi, diperoleh harga t_hitung = 6,023 yang harganya lebih besar daripada harga t_tabel=2,160 sehingga Ha diterima. Dengan kata lain terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan bercerita dengan kemampuan komunikasi verbal di kelompok B RA Al-Faaruuq Cicalengka Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bercerita; komunikasi verbal; anak usia dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Siti Dewi Tresnawati
Date Deposited: 17 Nov 2020 03:21
Last Modified: 17 Nov 2020 03:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34924

Actions (login required)

View Item View Item