Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Muhadharah hubungannya dengan karakter Islami mereka : Penelitian di SMA Bhakti Negara Cikarang Timur

Sofwan, Muhammad (2020) Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Muhadharah hubungannya dengan karakter Islami mereka : Penelitian di SMA Bhakti Negara Cikarang Timur. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan ekstrakurikuler muhadharah yang sudah terimplementasi dengan baik namun dinilai belum memberikan kontribusi banyak terhadap karakter islami peserta didik. Hal ini terbukti dengan kondisi siswa di lingkungan pada saat bermasyarakat maupun di sekolah. Meskipun siswa telah diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler muhadharah tersebut, akan tetapi karakter islamiyang melekat pada diri siswa masih kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1).Aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler muhadharah, 2). Karakter islami peserta didik, dan 3). Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler muhadharah dengan karakter islami mereka. Penelitian ini mengacu pada sebuah pemikiran bahwa ekstrakurikuler muhadharah merupakan kegiatan yang amat penting untuk menumbuhkembangkan karakter islami. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler muhadharah diyakini dapat memunculkan sifat positif seperti rasa percaya diri.Sesuai dengan namanya, muhadharah adalah salah satu kegiatan rutin dalam membentuk karakter anak yang sholih dan tidak mudah terjerumus kedalam perbuatan yang dilarang oleh agama. Metode penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa.Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan angket,test,observasi dan dokumentasi.Analisis datadilakukan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menggunakan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1).Realitas aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler muhadharah (X) termasuk kualifikasi tinggi, hal ini dapat diketahui dari hasil nilai rata-rata keseluruhan indikator aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler muhadharah (X) yaitu sebesar 3,4 yang berada pada rentang 3,40 - 4,19. 2) Realitas karakter islami (Y) termasuk kualitas tinggi. Hal ini diketahui dari hasil nilai rata-rata keseluruhan indikator karakter islami (Y) yaitu sebesar 3,81 yang berada pada rentang 3,40 – 4,19. 3) Nilai rxy = 0,787 dan angka tersebut terletak pada angka 0,61-0,80 yang berarti korelasi antara variabel X dan Y itu adalah terdapat korelasi yang cukup tinggi. Dari output diketahui bahwa nilai F hitung 221.876 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variable aktivitas siswa mengikuti kegiatan ektrakurikuler muhadharah (X) dengan variabel karakter islami (Y). Berdasarkan nilai signifikansi dari tabel Coefficiences diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variable aktivitas siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler muhadharah terdapat hubungan dengan karakter Islami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler; karakter; Agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Sofwan
Date Deposited: 12 Nov 2020 04:04
Last Modified: 12 Nov 2020 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34919

Actions (login required)

View Item View Item