Kemampuan metakognitif siswa SMA MIPA pada pembelajaran biologi berdasarkan tingkat kelas: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI dan XII MIPA SMA Negeri Jatinangor

Ramadhanty, Linda (2020) Kemampuan metakognitif siswa SMA MIPA pada pembelajaran biologi berdasarkan tingkat kelas: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa kelas XI dan XII MIPA SMA Negeri Jatinangor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognitif siswa jurusan MIPA SMA Negeri Jatinangor pada pembelajaran biologi secara umum maupun berdasarkan tingkat kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan, metode pengambilan data yang digunakan adalah metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dan XII MIPA yang diambil melalui teknik stratified random sampling. Data berupa kemampuan metakognitif dikumpulkan menggunakan lembar angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory). Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kemampuan metakognitif siswa jurusan MIPA SMA Negeri Jatinangor secara umum memiliki kriteria Ok dengan nilai rata-rata 74.48. 2) Kemampuan metakognitif siswa kelas XI MIPA dan XII MIPA berada pada kriteria Ok dengan nilai rata-rata 76.23 dan 72.72. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kesadaran tentang proses kognitifnya dan terkadang menggunakan strategi belajarnya sendiri dalam proses pembelajaran biologi. Selain itu, terdapat perbedaan kemampuan metakognitif siswa berdasarkan tingkat kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Metakognitif Siswa; Pembelajaran Biologi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Linda Ramadhanty
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:43
Last Modified: 12 Nov 2020 03:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34913

Actions (login required)

View Item View Item