Tindakan sosial perokok di kalangan siswa menengah pertama Al-Husna Cisalak Subang: Studi kasus di Desa Cisalak Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang

Nurfaridah, Errie (2020) Tindakan sosial perokok di kalangan siswa menengah pertama Al-Husna Cisalak Subang: Studi kasus di Desa Cisalak Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari tata tertib Sekolah pada jenis pelanggaran nomor V tercantup dilarang merokok didalam dan diluar Sekolah dalam radius 100m dan UU RI Nomor 20 tahun 2003 SISDIKNAS pada BAB V tentang peserta didik pasal 12 ayat 2 point a, bahwa peserta didik atau siswa berkewajiban untuk “menjaga norma-norma pendidikan untuk menjamin keberlangsungan proses dan keberhasilan pendidikan. Dan yang terjadi sebaliknya adalah siswa merokok yang jelas melanggar dan berbalik arah dengan kewajiban siswa yang tercantum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tindakan sosial perokok di kalangan siswa menengah pertama Al-Husna Cisalak Subang, dilihat faktor apa saja yang mendorong pada siswa dengan bertindak merokok pada siswa. Penenitian ini menggunakan teori tindakan Max Weber. Menurut Weber, suatu tindakan adalah perilaku manusia yang mempunyai makna subjektif bagi perilakunya. Tindakan sosial berorientasi pada tindakan orang lain. Dalam penelitian ini akan diperoleh gambaran mengenai tindakan merokok siswa, apakah mengarah kepada tindakan rasional instrumental, tindakan berorientasi nilai, tindakan afektif dan tindakan tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan proses sosial siswa dalam tindakan merokok. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dengan teknik pengumpulannya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan merokok siswa didorong oleh proses sosial seperti imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati. Imitasi yaitu suatu proses belajar dengan cara meniru atau mengikuti perilaku orang lain, sugesti adalah cara pemberian dan penerimaan suatu pandangan, pedoman tingkah laku atau sikap oleh seseorang kepada orang lain, identifikasi adalah kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama atau penyamai dengan pihak lain dan simpati yaitu perasaan tertarik yang timbul dalam diri seseorang dan membuatnya merasa solah-olah berada dalam keadaan orang lain. Tindakan perilaku merokoknya termasuk dalam tindakan sosial rasionalitas instrumental dan tindakan sosial afektif. Faktor penyebabnya meliputi faktor psikologis dan faktor pengaruh lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tindakan sosial; merokok; siswa
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Errie Nurfaridah
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:15
Last Modified: 12 Nov 2020 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34839

Actions (login required)

View Item View Item