Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa pada materi sistem ekskresi

Nurani, Alivia Tanzil (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran harus ditunjang oleh ketersediaan komponen belajar, salah satunya ialah bahan ajar. Bahan ajar merupakan sumber belajar bagi siswa dan digunakan untuk mengefektifkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa, maka dari itu dilakukan pengembangan bahan ajar agar dapat menghasilkan bahan ajar yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa pada materi sistem ekskresi,sehingga dihasilkan bahan ajar yang valid dan efektif terhadap HOTS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) melalui tahapan define, design, dan development (3-D). Adapun instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data ialah lembar uji validasi bahan ajar, lembar uji keterbacaan siswa terhadap bahan ajar,soal test berorientasi HOTS, dan lembar respon siswa terhadap bahan ajar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 Bandung dengan menggunakan sampel 15 orang siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa yang telah dikembangkan dikategorikan valid dengan perolehan keseluruhan persentase dari penilaian para ahli adalah 77%. Uji Keterbacaan siswa terhadap bahan ajar menunjukan kategori sangat baik dengan perolehan rata – rata skor 3,3. Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa dikategorikan sangat baik dengan mendapatkan presentase sebesar 81%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; HOTS; Inkuiri; Pengembangan; Sistem Ekskresi
Subjects: Education
Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alivia Tanzil Nurani
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:33
Last Modified: 16 Dec 2020 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34830

Actions (login required)

View Item View Item