Analisis kompetensi inti sikap spiritual dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah pada mata pelajaran Akidah Akhlak

Astuti, Pipih Nindi (2020) Analisis kompetensi inti sikap spiritual dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan karakter di kalangan pelajar, yang ditandai dengan rendahnya sikap sopan santun peserta didik, kasus bullying akibat perbedaan keadaan perekonomian keluarga, bahkan kasus pembunuhan yang sengaja dilakukan akibat faktor yang sangat memprihatinkan. Pendidikan merupakan suatu lembaga yang sangat berperan dalam memperbaiki permasalahan karakter tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Sikap Spiritual dalam Kompetensi Inti dan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah serta keterkaitan Kompetensi Inti sikap spiritual dalam pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Mengatasi rendahnya kualitas karakter peserta didik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan pendidikan berbasis karakter dan seiring dengan perubahan kurikulum menjadi Kurikulum 2013 sampai Kurikulum Nasional menetapkan pencapaian kompetensi melalui Kompetensi Inti terutama Kompetensi Inti Sikap spiritual sebagai kompetensi pertama yang harus dicapai oleh peserta didik. Sikap spiritual dalam Kompetensi Inti memuat nilai karakter religius, sehingga pencapaian Kompetensi Inti sikap spiritual didukung dengan peningkatan karakter religius peserta didik. Untuk mencapai kedua aspek tersebut, maka perlu adanya penanaman nilai karakter religius di setiap proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang mengajarkan nilai-nilai yang berkaitan dengan aspek akidah dan aspek akhlak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka, jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa studi dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Milles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sikap spiritual, karakter religius dan mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah memiliki keterkaitan yang sangat erat. Pertama, materi Akidah Akhlak dapat menanamkan nilai karakter religius terhadap peserta didik sehingga membantu dalam mencapai Kompetenesi Inti sikap spiritual. Kedua, nilai-nilai yang terkandung dalam Kompetensi Inti sikap spiritual dan pendidikan karakter religius serta materi pembelajaran Akidah Akhlak memiliki tujuan yang sama dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Ketiga, nilai spiritual dan nilai religius yang dimiliki peserta didik melalui materi Akidah Akhlak mendorong peserta didik untuk terbiasa berpikir, berkata dan berperilaku sesuai dengan ajaran islam sehingga dapat membantu memperbaiki krisis moral yang terjadi pada bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Inti Sikap Spiritual; Pendidikan Karakter Religius; Materi Akidah Akhlak.
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pipih Nindi Astuti
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:26
Last Modified: 26 Jan 2021 04:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34812

Actions (login required)

View Item View Item