Pelaksanaan Peraturan Pemerintah no 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas : PT Syarq Solusi Indonesia tinjauan Siyasah Dusturiyah

Natadipura, Cheppy Ruly Almaroghi (2020) Pelaksanaan Peraturan Pemerintah no 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas : PT Syarq Solusi Indonesia tinjauan Siyasah Dusturiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (809kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Permasalahan pengaturan sebuah Negara dalam mengatur perseroan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas. Bagaiamana batasan wilayah yang menjadi daerah prioritas pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan sesuai dengan aturan hukum, karena hal tersebut bisa berdampak pada kurang tepatnya target daerah dari pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan, dan tindakan kesewenang-wenangan oleh perusahaan dalam pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Tujuan Penelitian ini adalah (1), Untuk Mengtahui Mengenai peraturan pemerintah tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas. (2), Untuk Mengetahui Mengenai pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas. (3), untuk mengetahui pandangan politik islam terhadap pelaksanaan dan peraturan pemerintah no 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan. Penulisan skirpsi menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, tujuannya untuk memberikan kejelasan makna dari hasil penelitian. Proses yang dilakukan menggunakan tahapan berpikir secara induktif, yaitu mengungkapkan berbagai fakta/fenomena social melalui pengamatan di lapangan, menganalisis berdasarkan hal yang diamati. Metode kualitatif yang digunakan peneliti akan menentukan cara penelusuran informasi, mengumpulkan, mengolah dan menganalisis informasi dan dokumen hasil penelitian tersebut. Selanjutnya dapat mendeskripsikan kondisi yang terjadi, menjelaskan proses peristiwa, dengan landasan hukum peraturan pemerintah no 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perseroan terbatas. Teori yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah adalah merujuk pada teori tanggung jawab sosial dan lingkungan, sistem pemerintahan, serta konsep siyasah dusturiyah tasri’iyah yang menjadi pisau analisis dalam mengkaji Terhadap Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas Tinjauan Siyasah Dusturiyah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1). Penegakan hukum tentang tanggung jawab sosial diupayakan oleh pemerintahan setempat dengan perncanaan pelaksanaan sosialisasi terhadap perseroan terbatas. 2). Pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh perseroan dilaksanakan dalam memenuhi unsur pembangunan berkelanjutan dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan. 3). Peraturan pemerintah no 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam pandangan siyasah dusturiyah tanpa adanya keterangan jelas mengenai sanksi dan wilayah pelaksanaan berdampak pada kurangnya kerja sama antara pemerintahan setempat, masyarakat dan perusahaan, pelaksanaan kegiatan hanya dilaksanakan semata untuk menggugurkan kewajiban perusahaan tanpa upaya pembangunan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab sosial; siyasah dusturiyah; masyarakat;
Subjects: Indonesia
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Law
Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: Cheppy Ruly Almaroghi natadipura
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:03
Last Modified: 10 Nov 2020 06:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34806

Actions (login required)

View Item View Item