Penerapan e-learning berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Fauziah, Sasqia Nurul (2020) Penerapan e-learning berbasis problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Suan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21 adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan kepada peserta didik dengan menggunakan berbagai inovasi baru dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan menerapkan e-learning berbasis problem based learning (PBL) dan model PBL pada materi gelombang bunyi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 8 Garut, sempel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian menggunakan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Authentic Assesment Based on Tracejtory Learning Teaching (AABTLT) dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis yang digunakan yaitu presentase skor LKPD, N-Gain dan uji t independen samples test. Hasil penelitian menunjukan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen untuk pertemua I, pertemuan II, dan Pertemuan III sebesar 85% dengan kategori sangat efektif sedangkan kelas kontrol 84% dengan kategori efektif. Peningkatan keterampilan berpikir kritis berdasarkan nilai N-gain untuk kelas eksperimen 0,81 dengan kategori tinggi dan pada kelas kontrol 0,54 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=11,997 > t_tabel=1,998, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara peserta didik yang belajar dengan menerapkan e-learning berbasis PBL dan model PBL pada materi gelombang bunyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-learning, E-learning berbasis PBL, model PBL, keterampilan berpikir kritis, gelombang bunyi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sasqia Nurul Fauziah
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:08
Last Modified: 10 Nov 2020 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34795

Actions (login required)

View Item View Item