Penerapan model Project Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi alat – alat optik

Solehayati, Rasna (2020) Penerapan model Project Based Learning terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi alat – alat optik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam abad 21. Peserta didik belum terlatih dalam memecahkan suatu permasalah yang berhubungan dengan fenomena sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, peningkatan, dan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model Project Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematic (PjBL-STEM) dan model Problem Based Learning (PBL) pada materi alat-alat optik. Metode yang digunakan yakni metode kuasi eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA IT Dipatiukur, dengan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yakni kelas XI MIPA A sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 peserta didik dan kelas XI MIPA B sebagai kelompok kontrol berjumlah 20 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yakni Autentic Assessment Based of Teaching and Learning Trajectory) with Student Activity Sheet (AABTLT with SAS) dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukan rata-rata presentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol tergolong pada kurang efektif. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen adalah 0,42 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,34 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesisi menggunakan uji independent sampel t-test memunjukan nilai thitung (1,484) < ttabel (2,1095), sehingga Ha ditolak Ho diterima. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang belajar dengan model Project Based Learning Terintegrasi Science Technology Engineering and Mathematic (PjBL-STEM) dan model Problem Based Learning (PBL) pada materi alat-alat optik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; model Project Based Learning Terintegrasi Science, Technology, Engineering, and Mathematic (PjBL-STEM); Alat-alat optik
Subjects: Education, Research
Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rasna Solehayati
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:13
Last Modified: 09 Nov 2020 07:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34792

Actions (login required)

View Item View Item