Analisis kandungan kitab Al-Akhlâq Lil Banât dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah.

Munawaroh, Rahmah Zaqiyatul (2020) Analisis kandungan kitab Al-Akhlâq Lil Banât dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Tingginya tingkat kriminalisasi seperti bullying hingga asusila menunjukkan rendahnya kualitas pendidikan karakter di Indonesia. hal ini disebabkan karenaa kebenaran, kejujuran, keadilan, kasih sayang dan tolong menolong sudah terganti dengan adanya penyelewengan, penindasan, bahkan penipuan yang saling merugikan. Karakter baik yang ditanamkan sudah seperti hilang terhalang keburukan. Dalam penerapan karakter baiknya dilakukan pada masa golden age yaitu di usia dini. Maka peneliti memilih menganalisis kitab Al-Akhlâq Lil Banât karangan Syaikh Umar bin Ahmad Baradja yang berisikan tentang teori penanaman karakter terhadap anak-anak sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) isi kandungan dari kitab Al-Akhlâq Lil Banât, 2) arti pendidikan karakter, 3) relevansi isi kandungan kitab Al-Akhlâq Lil Banât dengan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi pustaka (library reseacrh), teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi, dan teknik analisis data dengan tiga tahapan yaitu mereduksi data, penyajian data dan penampilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa, 1) di dalam kitab terdapat 41 pasal tentang contoh-contoh akhlak dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk anak sejak dini. 2) arti dari pendidikan karakter adalah upaya sadar oleh seorang pendidik terhadap anak dalam mengajarkan nilai-nilai baik sehingga siswa memiliki akhlak yang mulia (insan kamil). 3) relevansi isi kandungan kitab Al-Akhlâq Lil Banât dengan pendidikan karakter di MI dilihat dari kesesuaian nilai-nilai karakter di MI dan nilai karakter yang ada di dalam kitab Al-Akhlâq Lil Banât, yaitu: sikap terbiasa berperilaku bersih, jujur dan kasih sayang, dermawan, rajin, serta terbiasa menggunakan etika, baik dalam belajar, makan dan minum, terdapat pada pasal 2, 5, 9, 10, 11, 13, 16, 17, dan 29. Berperilaku rendah hati, sederhana, dan tidak iri hati, selalu sabar, menepati janji dan hormat kepada kedua orang tua serta menggunakan etika saat mandi dan buang air terdapat pada pasal 2, 9, 12, 19, 20, 36. Percaya diri, tekun, percaya, dan hemat terdapat pada pasal 12. Hormat kepada tetangga terdapat pada pasal 27. Selalu disiplin, tidak lalai serta suka tolong menolong terdapat pada pasal 10, 26, 30, dan 35. Bertanggungjawab dan selalu menjalin silaturahmi terdapat pada pasal 6, 8, 19, 32, 33, dan 35.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; kitab Al-Akhlâq Lil Banât
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmah Zaqiyatul Munawaroh
Date Deposited: 26 Jan 2021 04:31
Last Modified: 26 Jan 2021 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34791

Actions (login required)

View Item View Item