Sikap siswa terhadap proses pembelajaran tahfidz al-Qurán dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada Mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap Siswa Kelas X di SMAN 1 Katapang Kabupaten Bandung

Nurjanah, Ima Siti (2020) Sikap siswa terhadap proses pembelajaran tahfidz al-Qurán dan hubungannya dengan prestasi kognitif mereka pada Mata Pelajaran PAI: Penelitian terhadap Siswa Kelas X di SMAN 1 Katapang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi kognitif siswa kelas X pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Katapang. Hal ini berdasarkan data dari Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun ajaran 2019/2020, siswa kelas X memperoleh nilai rata-rata sebesar 54,7. Di satu sisi, SMAN 1 Katapang telah menyelenggarakan pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an. Pembelajaran tersebut diselenggarakan sebagai penunjang dalam meningkatkan prestasi kognitif siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI. Seharusnya apabila mereka sudah mengikuti pembelajaran Tahfiz secara optimal, maka prestasi mereka pun akan optimal pula. Sehingga timbul persoalan bagaimana hubungan di antara keduanya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas sikap siswa terhadap proses pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SMAN 1 Katapang Kabupaten Bandung; (2) Realitas prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X SMAN 1 Katapang Kabupaten Bandung; dan (3) Hubungan antara sikap siswa terhadap proses pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di kelas X SMAN 1 Katapang Kabupaten Bandung. Penelitian ini diasumsikan bahwa prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI memiliki keterkaitan dengan sikap siswa terhadap proses pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di sekolah. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin positif sikap siswa terhadap proses pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an, maka akan semakin tinggi pula prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI di sekolah, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif, jenis data korelasional, dan jumlah sampel sebanyak 60 reponden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian alat analisis datanya dibagi ke dalam dua pendekatan, yaitu analisis parsial dan analisis korelasi. Dari hasil pengolahan data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Realitas sikap siswa terhadap proses pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SMAN 1 Katapang Kabupaten Bandung termasuk pada kategori positif (Skor 4,09), (2) Realitas prestasi kognitif siswa kelas X SMAN 1 Katapang pada mata pelajaran PAI termasuk pada kategori baik (Skor 76,7), dan (3) Realitas hubungan antara keduanya adalah (a) Koefisien korelasinya termasuk kategori sangat tinggi (0,81); (b) Hipotesisnya diterima, karena thitung (10,46) lebih besar dari ttabel (0,2542); dan (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 59% . Hal ini menunjukkan bahwa 59% prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap proses pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an. Sehingga masih terdapat 41% lagi faktor lain yang mempengaruhi prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Katapang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa; Tahfidz Al-Qurán; Prestasi Kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ima Siti Nurjanah
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:16
Last Modified: 09 Nov 2020 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34787

Actions (login required)

View Item View Item