Konseling eklektif dalam upaya mengatasi perilaku bolos siswa: Studi kasus di SMPN 4 rancaekek kelas 8 tahun ajaran 2019/2020

Anggraeni, Verawati (2020) Konseling eklektif dalam upaya mengatasi perilaku bolos siswa: Studi kasus di SMPN 4 rancaekek kelas 8 tahun ajaran 2019/2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisip.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku bolos pada siswa merupakan masalah yang harus ditangani karena dapat menghambat tugas perkembangan, motivasi, belajar dan masa depan siswa. Salah satu upaya mengatasi perilaku bolos sekolah dapat dilakukan dengan konseling eklektif yaitu dengan cara memperbaiki cara berfikir siswa mengenai pentingnya belajar atau sekolah bagi masa depan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) program konseling eklektif yang dilaksanakan; (2) teknik konseling eklektif; (3) capaian konseling eklektif dalam upaya mengatasi perilaku bolos siswa; dan (4) mengetahui perubahan absensi kelas 8 setelah melakukan konseling eklektif. Landasan penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwasanya layanan konseling eklektif terdiri dari layanan konseling dasar, layanan konseling responsif, layanan konseling perencanaan individual dan dukungan sistem. Capaian upaya layanan yang diberikan dalam penelitian ini pada akhirnya mengubah perilaku bolos menciptakan akhlak yang mulia dan perubahan absensi yang semakin membaik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan kepada koordinator BK, staff BK, dan siswa perilaku bolos di kelas 8 SMPN 4 Rancaekek. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) program konseling eklektif yang dilaksanakan berupa: layanan dasar seperti konseling klasikal, layanan perencanaan individual seperti adanya psikotest, layanan dukungan sistem seperti rapat terbuka dan home visit,dan layanan responsif seperti konseling individual; (2) teknik konseling eklektif yang berupa suatu pandangan yang berusaha menyelidiki berbagai sistem teknik atau metode, konseling eklektif terdiri dari 2 teknik yaitu: direktif, yaitu upaya dalam mengarahkan konseli secara umum dan teknik non-direktif, yaitu upaya membantu menyelesaikan inti masalah siswa secara face to face; (3) capaian konseling eklektif dalam upaya mengatasi perilaku bolos siswa, penelitian ini bertolak dari landasan bahwasanya konseling eklektif dapat mengubah perilaku bolos siswa yang ditunjukan dengan presensi yang baik dan akhlak yang mulia; (4) perubahan absensi kelas 8 setelah melakukan konseling eklektif, menunjukan perubahan yang baik terlihat dari penurunan grafik absen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling Eklektif; Perilaku Bolos;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: verawati anggraeni
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:45
Last Modified: 09 Nov 2020 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item