Pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi : Studi pada karyawan Borma Cipadung Bandung

Utami, Wulansari Putri (2020) Pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi : Studi pada karyawan Borma Cipadung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini, setiap perusahaan berlomba-lomba secara kompetitif dengan kreatifitas dan inovasi agar mampu menghadapi persaingan yang semakin ketat. Untuk mencapai semua itu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten serta mampu melakukan pekerjaan lebih dari sekedar tugas formal atau yang biasa disebut dengan organizational citizenship behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa apakah terdapat pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasi sebagai variabel mediasi (studi pada Borma Cipadung Bandung). Dimana karakteristik pekerjaan (Hackman & Oldham, 1980) sebagai variabel independen, organizational citizenship behavior (D. W. Organ, 1997) sebagai variabel dependen, serta komitmen organisasi (Allen dan Meyer, 1991) sebagai variabel mediasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang berjumlah 83 ditentukan dengan metode tabel Issac dan Michael dari total populasi 120 dan taraf kelonggaran 10%, serta pengambilan sampel dengan metode simple random sampling atau pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data yang terkumpul kemudian diuji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, korelasi, dan regresi causal step dari Baron Kenny dibantu dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap organizational citizenship behavior dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian pengujian pengaruh karakteristik pekerjaan terhadap komitmen organisasi berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya adalah pengujian antara komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior yang memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Lalu pengujian mediasi dengan hasil yang menunjukan terjadinya mediasi penuh, hal ini dibuktikan oleh nilai signifikansi yang berubah dari 0,000 < 0,05 menjadi 0,297 > 0,05 pada analisis regresi karakteristik pekerjaan terhadap organizational citizenship behavior setelah memasukan variabel komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pekerjaan; Komitmen Organisasi; Organizational Citizenship Behavior;
Subjects: General Management
General Management > Organizations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Wulansari Putri Utami
Date Deposited: 09 Nov 2020 01:35
Last Modified: 09 Nov 2020 01:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34777

Actions (login required)

View Item View Item