Konseling islami untuk membangun self control pada peserta didik kelas X

Fauziyah, Puput Futuhul (2020) Konseling islami untuk membangun self control pada peserta didik kelas X. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja adalah masa transisi antara masa anak dan dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif dan sosial-emosional. Masa remaja dimulai kira-kira usia 10 sampai 13 tahun dan berakhir antara usia 18 sampai 22 tahun. Pada masa ini kondisi psikis remaja sangat labil. Hal ini di karenakan di masa ini remaja sedang mencari jati dirinya. Mereka seringkali ingin tahu dan suka mencoba hal baru yang mereka lihat atau ketahui di lingkungan sekitarnya. Lingkungan sekitar yang di maksud seperti keluarga, teman sebaya, masyarakat dan sekolah. Tetapi perilaku yang mereka lihat belum tentu bersifat positif. Ada beberapa perilaku dalam pencarian jati dirinya bersifat negatif, salah satunya bully. Berdasarkan fenomena yang terjadi . Dari fenomena di atas dapat menimbulkan self control siswa yang di alami oleh siswa diantaranya: kurang bisa menyesuaikan diri, kurang berinteraksi dengan siswa lain, broken home, bolos sekolah hingga siswa tersebut tidak mengikuti kegiatan disekolah tersebut. Peristiwa tersebut menunjukan betapa pentingnya siswa tersebut membutuhkan bimbingan yang sangat baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui self control siswa, untuk mengetahui program Bimbingan Konseling Islam di SMA Mekar Arum Cinunuk, untuk mengetahui pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam, serta untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari Bimbingan Konseling Islam tersebut. Bimbingan Konseling Islam merupakan proses pemberi bantuan secara sistematis dan terus- menerus kepada individu maupun kelompok orang yang mengalami permasalahan baik jasmani maupun rohani, sehingga orang tersebut mampu mengatasi permasalahannya dalam hidup sehingga bisa hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah Swt. Santri merupakan mereka yang yang mempelajari ilmu agama islam, baik yang pergi ke tempat yang jauh maupun yang dekat dengan niat hendak mengamalkan ilmunya dan menyebarluaskannya. Apabila siswa memiliki self control rendah maka ia tidak akan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tidak akan mudah meraih kesuksesan dan ketanangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deksriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Selanjutnya menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling Islam yang dilakukan oleh guru BK efektif dalam mengatasi self control siswa yaitu siswa menunjukan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.Kata Kunci : Konseling isami, untuk membangun self control

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konseling islami; self control
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Puput Futuhul Fauziyah
Date Deposited: 07 Nov 2020 01:18
Last Modified: 07 Nov 2020 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34748

Actions (login required)

View Item View Item