Tanggapan terhadap metode pembelajaran Problem Bsaed Learning dan hubungannya dengan prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas IX di SMP Al-Hasan Bandung

Arfani, Insan (2020) Tanggapan terhadap metode pembelajaran Problem Bsaed Learning dan hubungannya dengan prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas IX di SMP Al-Hasan Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh Prestasi belajar siswa masih rendah. Hal tersebut diketahui dari kurangnya semangat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI, dan metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Oleh karena itu guna menjawab permasalahan tersebut dibutuhkan suatu metode yang mampu memberikan suatu efek positif dalam proses pembelajaran. Hal itu dilihat dari baiknya antusias siswa di SMP Al-Hasan dalam mengikuti proses pembelajaran PAI, dan siswa mampu mengembangkan setiap bakat terhadap isi pembelajaran yang berkaitan dengan PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) Realita tanggapan siswa SMP Al Hasan kelas IX terhadap penerapan metode Problem Based Learning Pembelajaran PAI, (2) Prestasi kognitif siswa kelas IX SMP Al Hasan pada mata pelajaran PAI, (3) Realita hubungan terhadap metode Problem Based Learning dengan prestasi Kognitif siswa kelas IX SMP Al Hasan pada mata pelajaran PAI Penelitian ini bertolak belekang teori bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi kognitif salah satunya adalah dengan metode Problem Based Learing. Maka peneliti mengajukan hipotesis bahwa semakin baik metode Problem based Learning maka semakin baik pula prestasi kognitif siswa begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sebanyak 32 responden. Pengumpulan datanya menggunakan angket, wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Analisis datanya berupa analisis parsial, analisis korelasi dan uji pengaruh variabel X dan variabel Y. Berdasarkan Hasil yang diperoleh, Kesimpulan (1) Tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran Problem Based Learning x2tabel dengan taraf signifikansi 5% = 7,81 Maka x2hitung 5.61 ≤ x2tabel 7,81 maka diinterpretasikan berdistribusi normal (2) prestasi kognitif siswa setelah dilakukan tes menunjukan hasil yang positif, hasil tersebut ditujukan karena rata-rata nilai siswa dengan penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning berada pada nilai 60.44 yang berada pada interval 60-69 berkategori cukup (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran Problem Based Learning menunjukan adanya korelasi yang diperoleh: a) Koefisien korelasinya berkategori lemah, berdasarkan pada koefisien korelasi 0,36 yang pada interval 0,20 – 0,39. b) Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa menguji signifikansi koefisien korelasi rank karena t hitung (2,25) > t tabel (1,6) sehingga dapat di simpulkan bahwa hipotesis diterima. Dan c) Besarnya pengaruh antara tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran Problem Based Learning (variable X) dengan prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI (variable Y), mencapai 64 %. Ini menunjukan masih ada faktor lain sebesar 36% yang mempengaruhi Prestasi Kognitif Siswa. Kata Kunci: Tangapan, Metode, Problem Based Learning, Kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; kognitif
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: insan arfani
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:19
Last Modified: 05 Nov 2020 03:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34692

Actions (login required)

View Item View Item