Pengaruh akhlak siswa terhadap prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg kabupaten Bandung

Hartinah, Siti (2020) Pengaruh akhlak siswa terhadap prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 1 Nagreg kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, bahwasannya siswa/siswi di sekolah tersebut secara umum menunjukkan perilaku hormat terhadap guru dan warga sekolah, seperti mengucapkan salam ketika masuk kelas atau bertemu guru, disiplin dalam belajar, dan membuang sampah pada tempatnya. Namun berdasarkan hasil wawancara dengan guru PAI, diperoleh informasi bahwa masih ada sebagian siswa/siswi di sana yang mengindikasikan prestasi kognitif yang rendah, seperti intelegensi yang rendah, minat belajar yang kurang, serta pengaruh lingkungan yang kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan kenyataan yang ada, bahwa dengan adanya akhlak siswa yang baik yang seharusnya mampu meningkatkan prestasi kognitif seseorang, namun masih ada siswa yang mengindikasikan prestasi kognitif yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas akhlak siswa di kelas XI SMAN 1 Nagreg, (2) Realitas prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI, dan (3) Pengaruh akhlak siswa terhadap prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 1 Nagreg. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa prestasi kognitif siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain akhlak siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik akhlak siswa maka semakin baik pula prestasi kogntifnya. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Dalam penelitian ini sampel berjumlah 39 responden untuk diteliti. Alat pengumpul datanya berupa observasi, wawancara, angket, test, dan studi kepustakaan. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Realitas akhlak siswa di kelas XI SMAN 1 Nagreg termasuk kategori tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 4,1 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. (2) Realitas prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI termasuk ke dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 86 yang berada pada interval 80-89. (3) Pengaruh akhlak siswa terhadap prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 1 Nagreg sebesar 16% dengan koefisien korelasi sebesar 0,54, angka tersebut diinterpretasikan ke dalam kategori sedang karena berada pada daerah interval 0,40 – 0,59.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akhlak siswa; Prestasi kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Hartinah
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:28
Last Modified: 04 Nov 2020 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34661

Actions (login required)

View Item View Item