Tanggapan siswa terhadap implementasi pendekatan Sainstifik hubungannya dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas X di SMAN 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Amalia, Sinta (2020) Tanggapan siswa terhadap implementasi pendekatan Sainstifik hubungannya dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian pada siswa kelas X di SMAN 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada kelas X SMAN 1 Dayeuhkolot diperoleh informasi bahwa guru telah menerapkan pendekatan sainstifik dalam proses pembelajaran PAI. Secara keseluruhan siswa yang ikut serta dalam proses pembelajaran sangat bersemangat dari awal hingga akhir pembelajaran. Akan tetapi disisi lain, motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut menjadikan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Penelian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa kelas X SMAN 1 Dayeuhkolot Kab. Bandung mengenai penerapan pendekatan sainstifik, 2) Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI pada kelas X di SMAN 1 Dayeuhkolot, 3) Hubungan tanggapan siswa mengenai penerapan pendekatan sainstifik dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI pada kelas X di SMAN 1 Dayeuhkolot. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh berberapa faktor dan salah satunya ialah tanggapan siswa terhadap unsur-unsur dinamis dalam proses pembelajaran yaitu pendekatan yang digunakan termasuk pendekatan sainstifik. Berdasarkan asumsi tersebut, hipotesis yang diajukan ialah terdapat hubungan antara implementasi pendekatan sainstifik dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiasi korelasi melalui pendekatan kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif di lakukan dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa:1)Tanggapan siswa terhadap implementasi pendekatan sainstifik termasuk kategori tinggi, berdasarkan hasil rata-rata sebesar 4,13 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI termasuk dalam kategori tinggi, berdarkan hasil rata-rata sebesar 3,99 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap implementasi pendekatan sainstifik dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI memiliki hubungan yang cukup signifikan. Besarkan koefisien korelasi variabel X terhadap variabel Y adalah 0,34 dengan kategori rendah berada pada interval 0,200 – 0,399. Begitupun hasil uji hipotesis menunjukan thitung ≥ ttabel, yakni 2,75 ≥ 2,01. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun besarnya pengaruh variabel X terhadap Y adalah 6%. Dengan demikian, masih ada faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas X di SMAN 1 Dayeuhkolot Kab. Bandung sebesar 96%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Sainstifik;Motivasi Belajar;PAI;Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sinta amalia
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:35
Last Modified: 04 Nov 2020 07:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34660

Actions (login required)

View Item View Item