Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Q.S An-Nahl ayat 90 relevansinya dengan yujuan pendidikan agama Islam

Elisa, Elisa (2020) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Q.S An-Nahl ayat 90 relevansinya dengan yujuan pendidikan agama Islam. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang sering ditemukan berkaitan dengan krisis moral yang terjadi di kalangan peserta didik. Fenomena yang tak asing lagi terdengar, seperti kekerasan yang dilakukan oleh peserta didik pada guru di sekolah, pergaulan bebas yang sering mengantar peserta didik pada penggunaan narkoba, miras, perkelahian serta hal mengerikan lainnya. Pada akhirnya hal ini banyak menimbulkan masalah dalam proses pembelajaran di sekolah, serta belum mampu dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Agama Islam banyak memberikan perhatian khusus pada pendidikan akhak, bahkan menjadikan pendidikan akhlak sebagai inti dari tujuan pendidikan Islam. Sementara Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia memberikan jawaban terhadap keresahan manusia. Seperti yang terdapat dalam Q.S An-Nahl ayat 90 yang mengisyaratkan nilai-nilai pendidikan akhlak dan perilaku yang harus dilakukan serta perilaku yang harus dihindari untuk dapat mewujudkan tujuan Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui; 1) Konsep pendidikan akhlak dalam tujuan Pendidikan Agama Islam; 2) Penafsiran para Mufassir terhadap Q.S An-Nahl ayat 90; 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam Q.S An-Nahl ayat 90 terhadap tujuan Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini, peneliti menggali konsep akhlak dalam tujuan Pendidikan Agama Islam, menguraikan pendapat para Mufassir terhadap Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 90 dengan mengacu pada tafsir ibnu Katsir, tafsir Jalalain, tafsir al-Maraghi, tafsir al-Misbah serta tafsir al-Azhar kemudian merelevansikan nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap tujuan Pendidikan Agama Islam beserta pengimplementasiannya dalam kehidupan. Pendekatan yang digunakan dalam peneletian ini adalah penelitian kualitatif. Kemudian metode penelitian yang digunakan adalah analisys content atau analisis isi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan library research atau studi kepustakaan. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan cara proses satuan, pengkategorisasian, penafsiran serta penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini diketahui bahwa; 1) Konsep pendidikan akhlak dalam tujuan pendidikan mengarahkan peserta didik pada pembentukkan akhlak mulia pada diri sendiri untuk mewujudkan habluminallah, habluminannas, habluminal ‘aalamiin demi tercapainya kebahagiaan di dunia dan akhirat. 2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Q.S An-Nahl ayat 90 berdasarkan pendapat para Mufassir diantaranya; berlaku adil dalam semua aspek kehidupan, berbuat baik, memberi bantuan pada kerabat dengan memperkokoh silaturrahim, menjauhi perbuatan keji dan munkar serta menjauhi permusuhan. 3) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Q.S An-Nahl ayat 90 dengan berlaku adil, berbuat baik, silaturrahim, menjauhi perbuatan keji dan munkar serta menjauhi permusuhan untuk mencapai tujuan Pendidikan Islam yang tertinggi yakni berakhlak mulia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Tujuan Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elisa El Ashuri
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:36
Last Modified: 09 Nov 2020 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34645

Actions (login required)

View Item View Item