Partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur : Studi deskriptif masyarakat RW 01 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Rahmawati, Ermi (2020) Partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur : Studi deskriptif masyarakat RW 01 Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap karakteristik masyarakat majemuk yang responsif terhadap suatu pembangunan. Maka, partisipasi masyarakat Kelurahan Cipadung dalam Pembangunan menjadi subjek kajian dalam penelitian ini. Partisipasi masyarakat Kelurahan Cipadung dalam Pembangunan ini diharapkan dapat menjadi salah satu indikator tingkat keberhasilan dalam pembangunan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui proses pembangunan infrastruktur di Kelurahan Cipadung, partisipasi masyarakat Kelurahan Cipadung dalam pembangunan serta bentuk partisipasi masyarakat Kelurahan Cipadung. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan pada dasarnya tidak dapat terbentuk dalam waktu yang singkat dengan sendirinya. Partisipasi masyarakat ini muncul karena interaksi dan solidaritas sosial yang kuat di masyarakat. Di sisi lain, pemerintah memiliki peran untuk menciptakan iklim positif untuk berpartisipasi serta menjaga relasi sosial yang baik dengan masyarakat sebagai suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian ini direlevansikan dengan teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Peneliti merelevansikan dengan teori ini dengan alasan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, setiap sistem memiliki fungsinya masing-masing sehingga dapat menciptakan konsensus atau kesepakatan bersama dalam mencapai tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar dapat menggambarkan hasil penelitian sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara semi terstruktur dengan Masyarakat Kelurahan Cipadung dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh kemudian direduksi, melalui tahap penyajian data dan kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Kelurahan Cipadung merupakan partisipasi yang aktif dan partisipatif dalam berbagai kegiatan termasuk pembangunan. Peran pemerintah juga terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam partisipasi di masyarakat serta relasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat Kelurahan Cipadung menjadi salah satu faktor yang mendukung partisipasi aktif di masyarakat. Bentuk partisipasi masyarakat Kelurahan Cipadung termasuk dalam kategoti partisipasi self mobilization yang artinya berpartisipasi secara mandiri, sukarela dan tanpa paksaan dari pihak manapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan; Infrastruktur; Partisipasi; Struktural Fungsional; Teori Partisipasi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Civil Rights > Citizen Participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ermi Rahmawati
Date Deposited: 04 Nov 2020 08:15
Last Modified: 04 Nov 2020 08:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34625

Actions (login required)

View Item View Item