Pemberdayaan wisata curug ngebul dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Bunijaya Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur

Mubarok, Irvan (2020) Pemberdayaan wisata curug ngebul dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Bunijaya Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan wisata Curug Ngebul harus menjadi strategi pengelolaan berbasis pemberdayaan masyarakat karena dalam membangun pariwisata harus berkelanjutan antara pengelola dengan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Bunijaya Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur. Keberadaan wisata Curug Ngebul sedikit banyak harus dirasakan oleh masyarakat sekitar desa Bunijaya. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui : ( 1) Peran masyarakat dalam memanfaatkan keberadaan Curug Ngebul terhadap perekonomian di Desa Bunijaya Kecamatan Pagelaran kabupaten Cianjur. (2) Tata kelola pariwisata Curug Ngebul di Desa Bunijaya Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur. (3) Keberhasilan yang dicapai dalam memberdayakan dan mengembangkan perekonomian Curug Ngebul di Desa Bunijaya kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur. Penelitian ini menggunakan Teori fungsional struktural Robert Merton. Merton juga memperkenalkan konsep fungsi nyata ( manifest) dan fungsi tersembunyi (latent). Kedua istilah ini memberikan tambahan penting bagi analisis fungsional. Menurut pengertian sederhana, fungsi nyata adalah fungsi yang diharapkan, sedangkan fungsi yang tersembunyi adalah fungsi yang tak diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang merupakan jenis data kualitatif untuk mendeskripsikan, menganalisa, dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Data dihasilkan berdasarkan pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu dilengkapi juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang relevan dengan tema penelitian untuk mendukung data-data di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, peran masyarakat dalam memanfaatkan keberadaan Curug Ngebul terhadap perekonomian harus ikut andil sebagai subjek ekonomi serta terlibat dalam penengembangan dan pemberdayaan wisata Curug Ngebul. Kemudian dalam pengelolaannya Curug Ngebul dikelola oleh perhutani, LMDH dan Desa Bunijaya. Adapun keberhasilan yang dicapai dalam memberdayakan dan mengembangkan ekonomi saat ini wisata Curug Ngebul bisa mengurangi pengangguran serta sedikit banyak bisa membantu perekonomian seperti masyarakat mendirikan kios-kios disekitar Curug Ngebul dan itu menjadi pendapatan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Pemberdayaan; wisata; Ekonomi; Masyarakat.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Irvan Mubarok
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:28
Last Modified: 03 Nov 2020 05:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34584

Actions (login required)

View Item View Item