Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Salim Ivomas Pratama Tbk periode 2009-2018

Aulia, Rahma Nurul (2020) Pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Salim Ivomas Pratama Tbk periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tolak ukur keberhasilan dan tujuan operasional sebagian besar perusahaan adalah memaksimalkan perolehan laba, setiap perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kinerja yang telah dicapai. Perolehan laba yang besar dapat dicapai, dengan catatan pihak manajemen mampu mengelola dan meminimalisir biaya yang akan keluar selama kegiatan operasional berlangsung. Permasalahan muncul ketika pihak perusahaan telah meningkatkan kinerja tetapi jumlah laba yang diperoleh rendah ataupun sebaliknya, seperti terjadi pada beberapa periode di PT. Salim Ivomas Pratama Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Assets Turnover (TATO) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM) PT. Salim Ivomas Pratama Tbk; untuk mengetahui pengaruh Fixed Assets Turnover (FATO) secara parsial terhadap Net Profit Margnin (NPM) PT. Salim Ivomas Pratama Tbk; dan untuk mengetahui pengaruh Total Assets Turnover (TATO) dan Fixed Assets Turnover (FATO secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) PT. Salim Ivomas Pratama Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk kepada beberapa pendapat para ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi tingkat Total Assets Turnover (TATO) dan Fixed Assets Turnover (FATO), maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Net Profit Margin (NPM). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa Laporan Keuangan PT. Salim Ivomas Pratama Tbk periode 2009-2018 yang berasal dari website yang disediakan oleh PT. Salim Ivomas Pratama Tbk. Penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) Perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung 2.523 > ttabel 2.306 maka Ha diterima, artinya signifikan. Ini berarti bahwa secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara Total Assets Turnover (TATO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Salim Ivomas Pratama. (2) Perhitungan uji t menunjukkan besarnya thitung 4.244 > ttabel 2.306 maka Ha diterima, artinya signifikan. Ini berarti bahwa secara parsial ada pengaruh yang signifikan antara Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Net Profit Margin (NPM) ada PT. Salim Ivomas Pratama. (3) Perhitungan uji F menunjukkan bahwa Fhitung 8.956 > Ftabel 4.737 maka Ha diterima, artinya signifikan. Ini berarti bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara Total Assets Turnover (TATO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. Salim Ivomas Pratama Tbk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Total Assets Turnover (TATO); Fixed Assets Turnover (FATO); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rahma Nurul Aulia
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:05
Last Modified: 02 Nov 2020 04:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34535

Actions (login required)

View Item View Item