Makna tradisi Nadran dalam masyarakat nelayan : Study pada masyarakat Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu

Fatkiyah, Siti (2020) Makna tradisi Nadran dalam masyarakat nelayan : Study pada masyarakat Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai melestarikan budaya tradisi nadran mengenai makna simbol dalam sesaji yang terdapat pada ritual nadran serta kearifan lokal dan zaman dulu selalu diterapkan dalam tradisi nadran. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Penelitian ini membahas beberapa permasalahan diantaranya (1) makna yang terkandung dalam ritual tradisi nadran seperti, sesaji yang ditinjau dari segi makna tradisi nadran secara keseluruhan, serta pada makna simbol-simbol didalam nadran tersebut, (2) bagaimana praktik dalam upacara tradisi nadran yang ada diDesa Dadap Kecamatan Juntinyuat. Dalam pengumpulan data peneliti mengunakan pendekatan Studi Antropologi melalui metode Deskriptif yang berusaha untuk mencatat, menguraikan hasil dari lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, didalamnya seperti wawancara, observasi serta dokumentasi. Adanya rangkaian ritual tradisi nadran di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat tentunya mempunyai arti yang penting sehingga menarik untuk diteliti dari segi simbol-simbol, mitos, serta makna yang terkandung didalam tradisi nadran tersebut, berdasarkan teori Mircea Aliade. Hasil penelitian langsung di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu. Dalam berbagai macam sesaji serta ritual yang dilakukan oleh masyarakat nelayan di Dadap yang dilakukan setiap setahun sekali menunjukan bahwasannya masyarakat nelayan di Dadap untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang sudah melimpahkan atas rezekinya saat melaut. Setiap ritual didalamnya serta sesaji dalam melaksankan nadran ini mengandung arti, makna simbol serta nilai-nilai didalam budaya tradisi nadran. Dapat disimpulkan makna simbol dalam ritual nadran sebagai berikut: (1) bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas saat melaut mendaptkan hasil yang melimpah, (2) memohon keselamatan kepada Tuhan atau penguasa laut agar saat melaut dapat hasil yang baik, (3) sesembahan kepada penguasa laut supaya saat sedang melaut terhindar dari marabahaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: makna; simbol; sakral; profan; mitos;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Customs of Life Cycle and Domestic Life
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Siti Fatkiyah
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:01
Last Modified: 02 Nov 2020 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34520

Actions (login required)

View Item View Item