Analisis buku ajar IPA-Biologi kelas VII tingkat SMP berdasarkan Pendekatan Saintifik

Azmi, Aulia Nur (2020) Analisis buku ajar IPA-Biologi kelas VII tingkat SMP berdasarkan Pendekatan Saintifik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy

Abstract

Analisis pendekatan saintifik pada buku ajar IPA dapat membantu guru dalam memilih buku ajar yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik meliputi indikator mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengolah data dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik tersebut adalah konsep dasar yang didasari oleh sikap ilmiah dengan pembelajaran secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kategori dari indikator pendekatan saintifik pada buku ajar IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan buku ajar IPA kelas VII semester genap kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dengan menganalisis materi kebiologian. Memetakan jumlah indikator pada buku ajar IPA-Biologi dengan menghitung jumlah indikator pendekatan saintifik yang muncul dalam buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik pada buku ajar IPA-Biologi yang dianalisis memiliki hasil persentase yang meliputi indikator pendekatan saintifik pada mengamati 37,66 % (kategori rendah), menanya 23,35 % (kategori rendah), mengumpulkan data 12,37 % (kategori rendah), mengolah data 15,97 % (kategori rendah) dan mengkomunikasikan 10,65 % (kategori rendah). Hal ini menunjukkan bahwa sudah termuat indikator pendekatan saintifik di dalam buku ajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik ; Buku Ajar IPA-Biologi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Aulia Nur Azmi
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:24
Last Modified: 27 Oct 2020 07:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34495

Actions (login required)

View Item View Item