Pengaruh Capital Intensity dan Equity Multiplier terhadap Return on Assets pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2016-2018

Amali, Muhamad Rifki (2020) Pengaruh Capital Intensity dan Equity Multiplier terhadap Return on Assets pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2016-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode profit and loss sharing yang digunakan bank Syariah dalam menjalankan kegiatan usahanya. Keberhasilan bank dalam memperoleh keuntungan tentu dapat dilihat profitabilitasnya, salah satu indikator profitabilitas perusahaan dapat dilihat dari nilai Return on Assets (ROA). Return on Assets dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu dari faktor tersebut ialah Capital Intenisty dan Equity Multiplier. Capital Intenisty merupakan rasio untuk mengukur tingkat efisiensi perusahaan dalam mengelola aktiva yang dimilikinya untuk menghasilkan penjualan. Sedangkan Equity Multiplier merupakan rasio untuk mengukur seberapa jauh perusahaan menginvestasikan dananya pada aktiva dari modal sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh Capital Intenisty secara parsial terhadap Return on Assets, (2) pengaruh Equity Multiplier secara parsial terhadap Return on Assets, (3) pengaruh Capital Intenisty dan Equity Multiplier secara simultan terhadap Return on Assets pada PT. Bank Syariah Bukopin periode 2016-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menguraikan secara sistematis semua fakta serta hubungan antar variabel dalam data penelitian dengan menganalisis data berupa angka-angka menggunakan uji statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari website Bank Syariah Bukopin yaitu www.syariahbukopin.co.id. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana maupun regresi berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi, dan analisis hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Capital Intensity secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return on Assets, (2) Pengujian hipotesis pengaruh Equity Multiplier secara parsial terhadap Return on Assets menunjukkan hasil koefisien determinasi sebesar 77,3%, (3) Pengujian hipotesis pengaruh Capital Intensity dan Equity Multiplier secara simultan terhadap Return on Assets menunjukkan hasil koefisien determinasi sebesar 75,5% pada PT Bank Syariah Bukopin Periode 2016-2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas; efektifitas; efisiensi; aktiva; modal; investasi
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Managerial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhamad Rifki Amali
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:30
Last Modified: 27 Oct 2020 06:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34487

Actions (login required)

View Item View Item