Pengaruh pelayanan prima dan fasilitas terhadap kepuasan pasien : Studi kasus pada pengguna BPJS/JKN-KIS di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung

Nugraha, Ibnu Arba (2020) Pengaruh pelayanan prima dan fasilitas terhadap kepuasan pasien : Studi kasus pada pengguna BPJS/JKN-KIS di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan yang prima dan optimal di era saat ini sudah menjadi suatu tuntutan masyarakat dalam mendapatkan layanan jasa terutama di bidang kesehatan yang dimana saat ini diselenggarakan dan bekerja sama dengan program pemerintah yaitu BPJS Kesehatan. Salah satunya yaitu RSUD Kota Bandung dalam memberikan pelayanan dan fasilitas kesehatan nya terhadap peserta BPJS/JKN-KIS yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pelayanan prima dan fasilitas terhadap kepuasan pasien di RSUD Kota Bandung terutama pasien peserta BPJS/JKN-KIS. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probabilty sampling terhadap 100 responden pasien peserta BPJS/JKN-KIS di RSUD Kota Bandung dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online. Analisis pengolahan data penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilits, uji regresi berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi. Dari hasil pengolahan data didapatkan perolehan hasil persamaan regresi berganda Y = -1,919 + 0,212X1 + 0,247X2. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan Prima berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien BPJS/JKN-KIS di RSUD Kota Bandung dibuktikan dengan uji t nilai thitung > ttabel (7,842 > 1,98498). Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien BPJS/JKN-KIS di RSUD Kota Bandung dibuktikan dengan uji t nilai thitung > ttabel (5,616 > 1,98498) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dan secara simultan Pelayanan Prima dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pasien BPJS/JKN-KIS di RSUD Kota Bandung dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (177,125 > 3,09) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Besaran persentase pengaruh secara keseluruhan menggunakan uji koefisien determinasi sebesar 78,5% dan sisanya 21,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima; Fasilitas; Kepuasan Pasien; Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung;
Subjects: Education, Research
Social Welfare, Problems and Services > Medical Service Management
General Management > Marketing, Management of Distribution
Public Performances > Management of Public Performances
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ibnu Arba Nugraha
Date Deposited: 05 Feb 2021 06:54
Last Modified: 05 Feb 2021 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34448

Actions (login required)

View Item View Item