Pemahaman orang tua terhadap kandungan Surat Luqman ayat 13 dan 14 korelasinya dengan proses pendidikan keluarga: Penelitian di Majlis Ta’lim Mesjid Asy-Syakirin Asrama Trikora Tasikmalaya

Saputra, Moch Nabil Mutaqin (2020) Pemahaman orang tua terhadap kandungan Surat Luqman ayat 13 dan 14 korelasinya dengan proses pendidikan keluarga: Penelitian di Majlis Ta’lim Mesjid Asy-Syakirin Asrama Trikora Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di kalangan orang tua yang menjadi jama’ah di majelis ta’lim Asy-Syakirin. Di majelis ta’lim tersebut diadakan pengajian rutin setiap hari selasa dengan materi Al-Quran Hadits, didalamnya ada Pembahasan kandungan Surat Luqman ayat 13 dan 14 tentang Pendidikan Orang tua terhadap anaknya yang berkaitan dengan Proses Pendidikan dalam Keluarga mereka. Dari permasalahan tersebut timbul pertanyaan Bagaimana pemahaman orang tua terhadap kandungan surat luqman ayat 13 dan 14 di majlis ta’lim mesjid asy-syakirin kota Tasikmalaya, Bagaimana realitas proses pendidikan dalam keluarga bagi jema’ah ibu-ibu majlis ta’lim mesjid asy-syakirin kota Tasikmalaya dan Bagaimana korelasi pemahaman orang tua terhadap kandungan surat luqman ayat 13 dan 14 dengan proses pendidikan dalam keluarga bagi jema’ah ibu-ibu majlis ta’lim mesjid asy-syakirin. Tujuan penelitian ini Untuk (1) Mengetahui pemahaman orang tua terhadap isi kandungan surat luqman ayat 13 dan 14 di majlis ta’lim mesjid asy-syakirin, (2) Untuk mengetahui realitas proses pendidikan dalam keluarga pada jema’ah ibu-ibu majlis ta’lim mesjid asy-syakirin, (3) Untuk mengetahui korelasi pemahaman orang tua terhadap kandungan surat luqman ayat 13 dan 14 dengan proses pendidikan dalam keluarga di majlis ta’lim mesjid asy-syakirin. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman adalah suatu proses, cara memahami, cara mempelajari baik-baik supaya paham dan mengetahui banyak,serta menghayati terhadap sesuatu yang dikaji, yang nantinya akan terungkap dalam kata-kata dan teraplikasikan dengan tingkah laku sesuai dengan proses pendidikan dalam keluarga. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu korelasi. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu: Tes, Angket observasi dan wawancara. Analisi Data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis kualitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pemahaman orang tua terhadap kandungan surat luqman ayat 13 dan 14 di majelis ta’lim Asy-Syakirin mendapat hasil positif dan berada pada kualifikasi sangat tinggi dengan nilai akhir 83,1 berada pada interval 80-100, (2) realitas proses pendidikan dalam keluarga pada jema’ah ibu-ibu majlis ta’lim mesjid asy-syakirin menunjukan kualitas baik dengan nilai akhir 4,16 pada interval 3,5 – 4,5, (3) hubungan antara keduanya adalah: (a) koefisien korelasinya senilai 0,32 berada pada interval 0,21 – 0,40 , yang berarti data ini berkorelasi rendah. (b) hipotesis diterima karena t hitung = 1,225 > t tabel = 0,544 yakni terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. (c) Besarnya pengaruh Variabel X terhadap variabel Y adalah 0,06 tergolong sangat rendah dan artinya bahwa ada 0,94 dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keluarga; Suart Al-Luqman; Keluarga;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Nabil Mutaqin Saputra
Date Deposited: 23 Nov 2020 08:40
Last Modified: 23 Nov 2020 08:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34343

Actions (login required)

View Item View Item