Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas 8-F SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Alawiyyah, Asri Nurjihan (2020) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada siswa kelas 8-F SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Cileunyi diperoleh keterangan bahwasanya ketika mengajar guru sudah menggunakan media audio visual pada materi-materi tertentu. Ketika guru mengajar dengan menggunakan media audio visual, sebagaian besar siswa-siswi menunjukkan semangat dan keseriusannya pada mata pelajaran PAI.. Penyusun tertarik untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual dengan hasil belajar kognitif mereka. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual, 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi hukum bacaan mad, dan 3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI materi hukum bacaan mad. Berdasarkan teori yang ada penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil bealajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual. Dari asumsi tersebut dapat diajukan hipotesis, semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio vsiual, maka semakin baik pula hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. 2) Responden 37 orang siswa Kelas 8-F SMP Negeri 1 Cileunyi. 3) Alat pengumpulan data: angket, tes, wawancara, studi kepustakaan, observasi. 4) Analisis data kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Hasil penelitian diperoleh: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media audio visual termasuk kategori tinggi yaitu 3, 78 yang berada pada interval 3, 40 - 4, 19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI materi hukum bacaan mad termasuk kategori baik, dengan nilai rata-rata 79, 06 yang berada pada interval 70 - 79. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunan media audio visual dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI berada pada kategori sangat tinggi/kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0, 90 yang berada pada interval 0, 90 – 1, 00. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 57%. Ini menunjukan masih ada faktor lain yang mempengaruhi sebesar 43%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asri Nurjihan Alawiyyah
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:04
Last Modified: 17 Dec 2020 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34339

Actions (login required)

View Item View Item