Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Plus Al Luqman Garut

Lestari, Norma Eka (2020) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Plus Al Luqman Garut. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan temuan permasalahan yang terdapat pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Plus Al Luqman Garut, berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan dengan wawancara dan sebaran angket bahwa kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran SKI masih dominan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menganggap bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran menghafal yang membosankan. Maka pembelajaran menjadi monoton dan berpengaruh terhadap kurangnya motivasi belajar siswa. Model pembelajaran Learning Cycle 5e merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga siswa banyak melakukan aktivitas selama proses pembelajaran serta memberikan motivasi belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) proses penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Plus Al Luqman Garut, 2) peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Plus Al Luqman Garut setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5e. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat yang dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5e. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e diduga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Plus Al Luqman Garut sebanyak 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 80% lalu meningkat pada siklus II yaitu mencapai 92,5% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 76,32% lalu meningkat pada siklus II mencapai 87,37% dengan kriteria sangat baik. Adapun peningkatan motivasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5e pada siklus I memperoleh rata-rata presentase sebesar 64% lalu meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata presentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan memperoleh hasil motivasi belajar yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran;motivasi belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Norma Eka Lestari
Date Deposited: 05 Feb 2021 07:21
Last Modified: 05 Feb 2021 08:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34338

Actions (login required)

View Item View Item