Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap komitmen organisasi : Studi pada karyawan PT Pos Indonesia kantor MPC Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Buah Batu Bandung

Marlina, Lina (2020) Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap komitmen organisasi : Studi pada karyawan PT Pos Indonesia kantor MPC Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Buah Batu Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy

Abstract

Upaya membangun komitmen organisasi melalui gaya kepemimpinan (transformasional dan transaksional) sangat penting. Penelitian ini mengidentifikasi pengaruh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional terhadap komitmen organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari dimensi kepemimpinan transformasional (karismatik, inspirasional, stimulasi intelektual, perhatian secara individual) dan dimensi gaya kepemimpinan transaksional (imbalan kontingen, manajemen eksepsi aktif, manajemen eksepsi pasif) terhadap komitmen organisasi yang akan diujikan pada karyawan PT Pos Indonesia Kantor MPC Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Buah Batu Bandung, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel berdasarkan pendapat Roscue dalam buku Uma Sekaran (2017) dengan teknik sampel Proportional-Cluster-Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 80 orang dari 213 karyawan PT POS Indonesia Kantor MPC Jalan Soekarno Hatta Kecamatan Buah Batu Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data yang terkumpul kemudian setiap indicator di uji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R^2 ) dengan menggunakan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai t hitung > t tabel (4,586 > 1,99125). Dan secara parsial variabel kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai t hitung > t tabel (2,469 > 1,99125). Hasil secara simultan menunjukan bahwa semua variabel independen yaitu gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap variabel dependen yaitu komitmen organisasi. Hal ini terbukti melalui pengujian secara simultan yang menghasilkan F hitung 19,852 > 3,12 yang merupakan F tabel. Berdasarkan koefisien determinasi didapatkan nilai r square 0,340. Hal ini menunjukan bahwa komitmen organisasi dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan transformasional dan transaksional sebesar 34%, sedangkan 66% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional; Gaya Kepemimpinan Transaksional; Komitmen Organisasi
Subjects: General Management
General Management > Elements of Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Lina Marlina
Date Deposited: 16 Oct 2020 06:07
Last Modified: 16 Oct 2020 07:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34277

Actions (login required)

View Item View Item