Peran guru dalam pelkasanaan pembelajaran jarak jauh di tengha wabah Covid-19 : Studi deskriptif di MI Mathla‘ ul Huda Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

Sabaniah, Siti (2020) Peran guru dalam pelkasanaan pembelajaran jarak jauh di tengha wabah Covid-19 : Studi deskriptif di MI Mathla‘ ul Huda Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAKCOVER)
2_ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Jarak Jauh seyogianya harus dipersiapkan dengan baik dari mulai perencanaan, pelaksanaan, sampai kepada evaluasi pembelajaran. Hal ini mendorong penelitian untuk mengkaji bagaimana peran guru dalam proses pembelajaran yang dilakukan dilihat dari proses pembelajaranya. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, dari mulai perencaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MI Mathlau’ul Huda dengan subjek penelitianya adalah para guru, dalam hal ini para guru diberikan angket dan wawancara untuk mengetahui beberapa indikator dari peran guru, (1) peran guru sebagai sumber belajar dalam pembelajaran jarak jauh guru memberikan sumber belajar yaitu buku tema dan program yang pemerintah buat melalui televisi yaitu di TVRI; (2) peran guru sebagai demonstrator pada pembelajaran jarak jauh ini dimana guru memberikan fasilitas seperti media contohnya dengan media video untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran; (3) peran guru sebagai motivator guru memberikan memotivasi kepada peserta didik. Motivasi yang diberikan guru juga beragam ada yang memberikan motivasi dengan reward dan juga ada yang melalui langsung kepada peserta didik (4) peran guru sebagai pengelola dalam pembelajaran jarak jauh disini guru berperan sebagai pengelola pembelajaran agar pembelajaran dapat terarah sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai; (5) peran guru sebagai evaluator disini guru berperan untuk memberikan evaluasi agar mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai suatu materi pembelajaran. Terakhir mengenai faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam pelaksanan pembelajaran jarak jauh (1) Faktor pendukung dari pemerintah yang membuat program pembelajaran melalui televisi; (2) Faktor pendukung dari sekolah yang memberikan dana internet setiap bulannya; (3) Faktor pendukung dari orang tua yang bekerja sama dalam membimbing peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Faktor penghambat tersebut yaitu (1) Tidak semua peserta didik dan orangtua mampu memenuhi kebutuhan seperti kuota internet dan tidak semua orangtua memiliki handphone canggih; (2) Kurangnya pengetahuan orangtua tentang penggunaan aplikasi internet; (3) Pengumpulan tugas yang terlambat dikarenakan hanya memiliki satu handphone; (4) Guru kesulitan dalam menjelaskan materi apabila peserta didik merasa kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; covid; pembelajaran jarak jauh
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Sabaniah
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:33
Last Modified: 04 Nov 2020 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34267

Actions (login required)

View Item View Item