Kanal Khazanah Republika Online dalam pemenuhan kebutuhan informasi Islami: Studi fenomenologi tentang pengalaman pengurus Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam mengakses Kanal Khazanah Republika Online

Fauzy, Dikha Rozan (2020) Kanal Khazanah Republika Online dalam pemenuhan kebutuhan informasi Islami: Studi fenomenologi tentang pengalaman pengurus Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam mengakses Kanal Khazanah Republika Online. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy

Abstract

Melihat menjamurnya penyedia informasi melalui internet, menuntut khalayak untuk lebih selektif dalam memilih media penyedia informasi. Tidak sedikit hal-hal SARA dipermainkan untuk tujuan-tujuan tertentu. Sebagai pengurus Lembaga Dakwah Mahasiswa maka dirasa perlu untuk memperbaharui informasi islami. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengalaman pengurus LDM mengakses kanal Khazanah dalam pemenuhan kebutuhan informasi islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengurus Lembaga Dakwah Mahasiswa dalam mengakses kanal Khazanah Republika Online dalam pemenuhan kebutuhan informasi islami berdasarkan pada tiga aspek yaitu pemahaman, pemaknaan dan pengalaman. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi yang dikemukakan oleh Alferd Schutz, dimana penelitian mengenai pengalaman pengurus Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam pemenuhan kebutuhan informasi islami dengan mengakses kanal Khazanah Republika Online lebih ditekankan pada tiga aspek yaitu pemahaman, pemaknaan dan pengalaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi fenomenologi, dimana metode ini berusaha mendeskripsikan suatu fenomena atau peristiwa dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Hasil dari penelitian ini, yaitu: pertama, pemahaman pengurus Lembaga Dakwah Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyatakan kanal Khazanah adalah kanal yang menyediakan informasi islami. Kedua, pemaknaan pengurus menyatakan kanal Khazanah menyajikan informasi islami teraktual dengan kemasan yang mudah dimengerti, mudah diterima antar generasi, bahkan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Ketiga, pengalaman pengurus meyatakan kanal Khazanah digunakan untuk memperbaharui informasi islami sebagai konsumsi pribadi dan tuntutan sebagai aktivis dakwah, sebagai rujukan akademik dan digunakan untuk dijadikan referensi berdakwah kepada masyarakat maupun kepada kader muda Lembaga Dakwah Mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Republika Online; Lembaga Dakwah Mahasiswa; Fenomenologi
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Management > Information Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dikha dikharf Rozan Fauzy
Date Deposited: 13 Oct 2020 08:34
Last Modified: 13 Oct 2020 08:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34241

Actions (login required)

View Item View Item