Manajemen rekrutmen dan seleksi peserta didik Madrasah Aliyah pada masa pandemi Covid-19: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung

Purwaningsih, Tuti and Rusdiana, A. (2020) Manajemen rekrutmen dan seleksi peserta didik Madrasah Aliyah pada masa pandemi Covid-19: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTA PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rekrutmen dan seleksi kebutuhan peserta didik, strategi rekrutmen dan seleksi peserta didik, dan pelaksanaan dari manajemen rekrutmen dan seleksi peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu untuk menggambarkan, memaparkan, dan mengungkapkan hasil penelitian mengenai pelaksanaan manajemen rekrutmen dan seleksi penerimaan siswa baru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Model analisis data dalam penelitian ini mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Huberman. Aktivitas dalam analisis data tersebut yaitu data reduction, data display, dan conclusion. Adapun langkah-langkah uji keabsahan data penelitian ini adalah dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada masa Pandemi COVID-19, MAN 1 kota Bandung di tahun ajaran 2020/2021 ini tetap memberlakukan penerimaan peserta didik baru dengan menggunakan proses rekrutmen dan seleksi. Hal ini sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 7265 Tahun 2019 tentang PPDB MAN 1 Bandung mengenai ketentuan mekanisme rekrutmen dan seleksi madrasah aliyah dalam masa darurat pencegahan penyebaran Covid-19, dalam proses penerimaan jalur peserta didik tahun ini dibagi menjadi 3 jalur yaitu: Jalur reguler, prestasi dan afirmasi. selain diberlakukannya jalur online, PPDB offline diperkenankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Proses rekrutmen penerimaan peserta didik baru di MAN 1 kota Bandung terdiri dari berbagai kegiatan yaitu membentuk panitia penerimaan siswa baru, mengadakan rapat penerimaan siswa baru, membuat dan memasang pengumuman mengenai penerimaan siswa baru, pendaftaran siswa baru, sedangkan dalam kegiatan seleksi meliputimenentukan penilaian PPDB, rapat PPDB, Pengumuman penerimaan dan pendaftaran ulang.Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam kegiatan ini yaitu faktor etika dan faktor kesamaan kesempatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Rekrutmen dan Seleksi; Madrasah Aliyah; Pandemi Covid-19
Subjects: Education, Research
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tuti Purwaningsih
Date Deposited: 16 Oct 2020 08:00
Last Modified: 27 Jan 2022 04:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34200

Actions (login required)

View Item View Item