Estimasi parameter distribusi Invers Weibull dan distribusi Alpha Power Invers Weibull

Rahayu, Rima Aulia (2020) Estimasi parameter distribusi Invers Weibull dan distribusi Alpha Power Invers Weibull. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Analisis survival atau analisis ketahanan hidup bertujuan untuk menduga peluang ketahanan hidup, kematian, kekambuhan suatu penyakit, dan peristiwa-peristiwa lainnya hingga periode waktu tertentu. Dalam menganalisa data survival dibutuhkan asumsi mengenai distribusi populasinya. Salah satu distribusi yang biasa digunakan dalam menangani masalah survival adalah distribusi Invers Weibull karena dapat digunakan pada data dengan fungsi hazard naik, turun, non monoton, bathtub atau unimodal. Skripsi ini memperkenalkan suatu distribusi baru yang disebut distribusi Alpha Power Invers Weibull (APIW). Distribusi APIW diperoleh dari hasil substitusi fungsi distribusi kumulatif Invers Weibull ke fungsi distribusi kumulatif Alpha Power Transformation (APT). Keutamaan dalam membangun distribusi APIW, dengan adanya penambahan parameter pada distribusi yang sudah ada, memberikan fleksibilitas yang lebih baik dari distribusi sebelumnya. Oleh karena itu, pada skripsi ini akan dikaji mengenai distribusi Invers Weibull dan distribusi APIW. Untuk mengetahui karakteristik populasinya dilakukan estimasi parameter dari distribusi Invers Weibull dan distribusi APIW menggunakan metode MLE dengan bantuan R software. Karakteristik-karakteristik yang dibahas meliputi fungsi survival, fungsi hazard, rataan, dan varians. Studi kasus dilakukan untuk implementasi distribusi Invers Weibull dan distribusi APIW juga untuk menerapkan metode yang dibuat. Pemilihan model terbaik antara distribusi Invers Weibull dan distribusi APIW terhadap contoh kasus yang digunakan, berdasarkan metode AIC nilai terendah merupakan model terbaik. Dari hasil perhitungan, nilai AIC distribusi APIW lebih kecil dibanding distribusi Invers Weibull, hal ini menunjukkan bahwa distribusi APIW dapat menyesuaikan dalam penyelesaian masalah pada studi kasus yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: distribusi invers weibull; alpha power transformation; distribusi alpha power invers weibull; maximum likelihood estimation
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Rima Aulia Rahayu
Date Deposited: 12 Oct 2020 00:51
Last Modified: 12 Oct 2020 00:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34132

Actions (login required)

View Item View Item