Pengaruh pembelajaran Model-eliciting Activities (MEAs) berbasis aplikasi Sparkol VideoScrive terhadap pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa

Ramdani, Luthfi (2020) Pengaruh pembelajaran Model-eliciting Activities (MEAs) berbasis aplikasi Sparkol VideoScrive terhadap pemahaman matematis dan Self Regulated Learning siswa. Diploma thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran MEAs berbasis aplikasi sparkol videoscribe. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs berbasis aplikasi sparkol videoscribe dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MEAs berbasis aplikasi sparkol videoscribe dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) yang kategorinya tinggi, sedang dan rendah, (c) Mengetahui peningkatan sikap self regulated learning siswa terhadap Pembelajaran MEAs berbasis Sparkol VideoScribe, Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control group Design. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-G dan VII-F MTsN 2 Bandung. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran MEAs Mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran MEAS berbasis aplikasi sparkol videoscribe dan pembelajaran konvensional, (b) Terdapat perbedaan pencapaian pemahaman matematis dan pembelajaran konvensional, (c) Terdapat peningkatan sikap self regulated learning siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode Pembelajaran; Model-eliciting Activities (MEAs); Sparkol VideoScrive;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Luthfi Abdul Majid Ramdani
Date Deposited: 09 Oct 2020 06:29
Last Modified: 09 Oct 2020 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34121

Actions (login required)

View Item View Item